Setelah ditunggu-tunggu banyak penggemarnya, PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya merilis All New Honda PCX 160 2021 (Honda PCX 2021) hari Jumat (5/2/2021) ini. Yup, setelah Eropa, Jepang dan Thailand, skutik premium andalan Honda itu hadir di Indonesia.
Produk yang benar-benar baru ini mendapatkan perubahan besar-besaran, dibandingkan model Honda PCX 150. Penampilannya semakin mewah, fitur lebih canggih dan kini mesinnya menjadi lebih bertenaga.
"Sejak dikenalkan 2009 lalu, Honda PCX sudah terjual lebih dari dua juta unit diseluruh dunia. Model terbaru ini mendapatkan mesin baru eSP+, rangka baru dengan struktur lebih simpel," kata Keiichi Yasuda, President Director AHM.
Penampilan elegan yang jadi ciri khas Honda PCX sejak dikenalkan pertama kalinya tahun 2010, tetap dipertahankan. Meski begitu, pada model barunya ini ada sedikit kesan berotot berkat garis bodi yang dibuat lebih tegas.
Honda PCX 160 2021 ditawarkan dalam tiga varian yakni CBS (combi brake system), ABS (anti-lock braking system) dan e:HEV sebagai varian hybrid. Mana yang menarik untuk Anda?
Berstatus sebagai skutik premium, fitur-fitur yang disematkan pada motor ini juga semakin lengkap. Honda PCX 160 2021 ketambahan HSTC (Honda selectable torque control), fitur keselamatan aktif untuk menjaga roda belakang supaya tidak slip di jalanan licin.
Kemudian panel instrumen digital desain baru yang lebih sedap dipandang mata, dengan ukuran layar yang besar. Informasi yang ditampilkan termasuk lengkap, termasuk indikator HSTC aktif atau mati.
Seperti pada generasi sebelumnya, seluruh lampu-lampu motor ini sudah menggunakan teknologi LED. Selain hemat daya listrik dan lebih terang, lampu jenis ini juga turut memberikan kesan mewah pada motor.
Mengisi daya baterai gawai semakin mudah berkat adanya power outlet, dengan kabel USB Type-C pada konsol depan sebelah kiri. Kunci smart key system masih dipertahankan, untuk menjaga keamanan motor dari pencuri.
Tangki bahan bakar dibuat sedikit lebih besar menjadi 8,1 liter. Begitu pula dengan ruang penyimpanan di balik jok yang kian besar menjadi 30 liter, bisa menampung helm full face dan masih tersisa ruang untuk menyimpan barang bawaan lainnya.
Pada mesin, teknologi eSP+ diterapkan dengan andalkan empat buah katup. Tak ketinggalan ACG (alternator current generator) Starter yang terintegrasi dengan ISS (idling stop system) tetap dipertahankan.
Menjawab permintaan pasar untuk performa lebih baik, Honda membekali PCX 160 2021 ini dengan mesin eSP+ (enhanced Smart Power Plus), dengan spesifikasi piston tunggal, SOHC 4 katup, pendingin cairan serta injeksi bahan bakar PGM-FI.
Mesinnya berkapasitas murni 156,9 cc berkat paduan piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm. Tenaga yang mampu dihasilkan 16 PS di 8.500 rpm lalu torsi mencapai 14,7 Nm di 6.500 rpm.
Naik cukup signifikan dibandingkan mesin yang digunakan sebelumnya, yang hanya punya tenaga 14,6 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm di 6.500 rpm.
Mesin eSP+ ini juga memiliki teknologi baru seperti oil jet piston, yang diadopsi dari motor special engine mereka yaitu Honda CRF450R. Pelumasan piston saat naik-turun jadi lebih baik, karena oli disemprotkan langsung menuju piston.
Honda juga menggunakan oli mesin sebagai pengganti tensioner rantai keteng model lawas yang menggunakan per. Dengan teknologi hidrolis, potensi tensioner keteng rusak bisa diminimalisir.
Komponen transmisi diracik ulang supaya kinerjanya menjadi lebih halus. Permukaan filter udara dibuat lebih besar dan susunan perut knalpot dirancang ulang untuk mendapatkan performa lebih maksimal.
Model terbaru racikan AHM ini dijual dengan harga mulai dari Rp 30,35 juta untuk varian CBS. Varian ini memiliki empat pilihan warna yakni wonderful white, majestic matte red, glorious matte black dan marvelous matte gray.
Untuk varian ABS dilabeli harga Rp 33,95 juta dengan empat pilihan warna juga yakni wonderful white, majestic matte red, briliant black dan royal matte blue.
Sedangkan varian e:HEV dilepas dengan harga Rp 43,55 juta dengan satu pilihan warna saja yakni horizon white. Harga tercantum seluruhnya on the road Jakarta.
Honda PCX 160 2021 akhirnya hadir untuk menjawab permintaan konsumen fanatiknya. Seperti diketahui bersama, persaingan skutik premium antara Honda PCX dan Yamaha Nmax memang sangat kuat sekali.
Honda PCX yang kerap dibully karena tenaganya lemot, kini jadi lebih bertenaga. Tak hanya itu, perubahan besar-besaran pada desain dan juga rangka motor, membuat Honda PCX 160 lebih baik dalam pengendalian.
Kini keduanya menjadi produk yang sama-sama kuat dan saling mengisi, karena memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada akhirnya Anda sebagai konsumen yang diuntungkan karena bisa mendapatkan produk terbaik.
Spesifikasi Honda PCX 160 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.935 x 742 x 1.108 mm | |
Sumbu Roda | 1.313 mm | |
Jarak Terendah | 134 mm | |
Tinggi Jok | 764 mm | |
Kapasitas Tangki | 8,1 liter | |
Berat Isi | 129 kg (CBS) 131 kg (ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ | |
Kapasitas | 156,9 cc | |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | |
Rasio Kompresi | 12 : 1 | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi, PGM-FI | |
Transmisi | Otomatis, V-matic | |
Tenaga Maksimal | 16 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 6.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe | Duplex steel cradle | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Ban Depan | 110/70-14 | |
Ban Belakang | 130/70-13 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram |