Honda BeAT 2021 menjadi salah satu produk skutik yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Meski skutik ini ditujukan untuk anak muda, nyatanya pengguna skutik ini dari berbagai kalangan. Bukti kalo Honda BeAT favorit di Indonesia.
Harga baru skutik tersebut sekarang ini mulai dari Rp 16,665 juta on the road Jakarta untuk varian CBS. Tapi ketimbang beli skutik ini yang masuk kategori entry level, mending sikat Honda Vario 150 deh.
Baca juga : Beda Sampai Rp 3 Jutaan, Ini Keunggulan Honda Vario 125 2021 Dibanding Honda Vario 150 2021
Memang sih status Honda Vario 150 ini dalam kondisi bekas, tapi dengan kasta yang lebih tinggi, tentu kelengkapan skutik tersebut lebih baik dari Honda BeAT pastinya.
Memantau situs jual beli online, dengan dana Rp 16 jutaan, kalian bisa mendapatkan unit rakitan tahun 2018. Malah ada yang melepas dengan harga lebih murah diangka Rp 15 jutaan loh, malah bisa lebih hemat tuh.
Baca juga : Simak Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 150
Jika sabar dan beruntung, kalian bisa dapatkan unit generasi kedua dengan status rakitan 2019, yang modelnya sampai saat ini masih diniagakan PT Astra Honda Motor (AHM), jadi tidak akan terlalu terlihat kalau ini adalah motor bekas.
Menarik bukan? Lantas apa saja sih yang jadi keunggulan Honda Vario 150 ini dibandingkan Honda BeAT?
Untuk kaum pria mungkin tak masalah, tapi untuk wanita beda cerita. Honda BeAT menawarkan dimensi yang kompak, yakni 1.877 x 669 x 1.074 mm (PxLxT). Tinggi jok yang hanya 740 mm juga memudahkan pengendara wanita.
Tapi Honda Vario 150 meski lebih besar, juga terhitung ringkas kok. Ukurannya 1.919 x 679 x 1.062 mm (PxLxT). Hanya beda lebih panjang 42 mm, lebih lebar 10 mm dan justru lebih rendah 12 mm loh.
Baca juga : Warna makin Banyak! Simak lagi Perbedaan Varian Honda Beat 2021
Meski memang tinggi jok Honda Vario 150 yang diangka 769 mm lebih tinggi dari Honda BeAT. Meski begitu, skutik ini dibuat untuk fit bagi siapa pun. Untuk pria terlihat proporsional, untuk wanita pun masih pas.
Jadi rasanya baik pria maupun wanita tidak akan terlalu ksesulitan mengendarai Honda Vario 150 ini.
Baca juga : Selain Harga, Ini Empat Alasan Honda Beat 2021 Sejawat Dipilih Masyarakat
Nah keuntungannya Honda Vario 150, kapasitas bagasinya juga lebih besar sampai 18 liter dan bisa menyimpan helm full face. Bagasi Honda BeAT terbaru cuma 12 liter saja. Besar sih tapi tak muat helm.
Lalu untuk akomodasi lainnya, keduanya sama-sama diberikan dua buah konsol penyimpanan terbuka di depan, sebuah gantungan barang dan dua buah gantungan helm di balik jok.
Status lebih tinggi tentu fitur dan teknologi yang disematkan pada Honda Vario 150 juga lebih unggul. Misalnya seluruh lampu yang seluruhnya sudah menggunakan teknologi LED, sementara Honda BeAT hanya lampu depan saja.
Baca juga : Tahun Pertama, Biaya Perawatan Honda Vario 150 Hanya Rp 200 Ribuan
Smart Key System juga sudah menjadi standar dari Honda Vario 150, jadi bukan pengaman magnet seperti Honda BeAT. Kemudian panel meter sudah full digital berbanding digital-analog.
Yang tak kalah penting, kapasitas tangki bahan bakar juga lebih besar loh, angkanya 5,5 liter berbanding 4,2 liter. Jadi bakalan lebih jarang mampir pom bensin untuk isi ulang bahan bakar.
Jangan lupa juga ada fitur Idling Stop System yang bisa kalian dapatkan kalau beli Honda Vario 150 bekas. Sementara pada Honda BeAT 2021, fitur ini tidak bisa didapatkan jika membeli varian CBS.
Baca juga : Setelah Honda PCX, Giliran Honda Vario 150 yang Bertugas Menjadi Aerox 155 Killer?
Fitur lainnya dari kedua skutik Honda ini masih relatif sama, misalnya Side Stand Switch, Parking Brake Lock, Combi Brake System, ban tubeless dan rem cakram depan.
Ya walau ini adalah motor bekas, mesin Honda Vario 150 tetap menawarkan performa lebih sip dari Honda BeAT 2021. Dari kapasitas mesin saja sudah jauh berbeda, 150 cc berbanding 110 cc.
Maka begitu pula dengan output yang mampu dihasilkan. Honda Vario 150 mampu keluarkan tenaga 13,1 PS pada 8.500 rpm dan torsi 13,4 Nm di 5.000 rpm. Mesin Honda BeAT hanya menghasilkan 9 PS di 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm di 5.500 rpm.
Baca juga : Wow Harga Honda Vario 150 2021 Naik Sampai Rp 500 Ribuan, Berapa Cicilannya?
Tapi soal teknologi mesin keduanya memang masih mirip-mirip, yakni enhanced Smart Power (eSP). Lalu sudah pakai teknologi ACG Starter yang membuat proses menghidupkan mesin jadi lebih halus.
Dengan harga yang relatif sama untuk membeli Honda BeAT 2021 varian CBS, ada opsi menarik dengan menebus Honda Vario 150 meski dalam kondisi bekas. Skutik ini menawarkan banyak keunggulan dari skutik terlaris Honda itu.
Baca juga : Review Lengkap Honda Vario 150 2021, Skutik 150 Berbodi Ringkas
Namun Kalian tetap harus menyiapkan dana tambahan untuk melakukan servis jika membeli unit bekas. Sebuah hal yang tak perlu dilakukan jika kalian menebus Honda BeAT dengan status gress dari dealer.
Tentu semua kembali kepada kebutuhan dan selera. Membeli Honda Vario 150 bekas akan jadi pilihan yang bijak, meski tak ada salahnya juga memiliki model terbaru dari skutik terlaris Honda.
Baca juga : Update Harga dan Cicilan Honda BeAT 2021 Tengah Tahun, Mulai Rp 600 Ribuan Saja!
Spesifikasi Honda Vario 150 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.919 x 679 x 1.062 mm | |
Sumbu Roda | 1.280 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 769 mm | |
Jarak Terendah | 132 mm | |
Berat Isi | 112 kg | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup | |
Kapasitas | 150 cc | |
Diameter x Langkah | 57,3 x 57,9 mm | |
Transmisi | Otomatis, CVT | |
Rasio Kompresi | 10,6 : 1 | |
Tenaga Maksimal | 13,1 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 13,4 Nm @ 5.000 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Underbone | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Ban Depan | 90/80-14 | |
Ban Belakang | 100/80-14 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol | |
Sistem Pengereman | Combi brake system |