Honda Monkey memiliki dimensi yang cukup mungil dan cukup digandrungi oleh para pencinta roda dua. Motor ini juga termasuk sebagai motor hobi. Meskipun, tak menutup kemungkinan ada juga yang menggunakannya untuk menemani aktivitas sehari-hari. Dengan mesin berkapasitas 125 cc, Honda Monkey 2021 dibekali transmisi kopling manual.
Untuk sebagian pencinta roda dua, motor kopling masih menjadi pilihan. Jika dibandingkan dengan motor bertransmisi otomatis alias skuter matik (skutik), motor yang pakai kopling manual memiliki banyak keunggulan. Salah satu keunggulannya adalah perawatannya yang lebih mudah. Selain itu, lebih terjangkau juga jika dilihat dari biaya service-nya.
Honda Monkey yang menggunakan kopling manual juga menawarkan kemudahan saat akan melakukan engine brake. Engine brake merupakan sistem pengereman dengan menurunkan tenaga mesin. Tentunya, teknik engine brake ini akan sangat berguna saat harus melewati tanjakan maupun turunan.
Untuk melintasi tanjakan, ada teknik khusus yang bisa digunakan oleh para pengendara Honda Monkey. Jika tidak menguasai teknik yang benar, bukan tak mungkin motor malah mengalami mogok saat digunakan berkendara di jalanan yang menanjak.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mempertahankan kestabilan laju motor. Untuk dapat melibas tanjakan yang ada di depan dengan mudah, hindari menggunakan persneling lebih dari gigi 3.
Sebab, semakin tinggi gigi yang digunakan untuk melaju, maka akan semakin berat juga bagi Honda Monkey untuk menanjak jalan tersebut. Gigi yang direkomendasikan adalah gigi 2 dan gigi 3. Tapi, jika masih terasa berat, bisa diturunkan lagi ke gigi 1.
Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah posisi gigi. Jangan menaikkan gigi saat motor sudah menanjak. Saat kecepatan Honda Monkey bertambah, sebagian orang mungkin berpikir untuk menaikkan gigi.
Padahal, langkah tersebut justru salah dilakukan. Dengan menaikkan gigi saat Honda Monkey berada di tengah tanjakan, dapat membuat laju terasa berat. Alih-alih motor bergerak maju, yang ada justru motor bisa tergelincir mundur.
Selanjutnya, perhatikan teknik pengereman yang digunakan. Jangan menggunakan rem tangan yang fungsinya untuk menghentikan laju ban depan. Sebaiknya, gunakan rem belakang untuk menghentikan motor saat berada di tengah-tengah tanjakan. Rem belakang akan lebih efektif untuk menahan Honda Monkey saat berada di tengah tanjakan.