Honda PCX 160 2021 Tersedia Tipe CBS dan ABS, Selisih Harga Rp 3,6 Juta Apa Bedanya?
Nussa · 17 Mar, 2021 12:00
0
0
PT Astra Honda Motor (AHM) resmi merilis Honda PCX 160 2021 pada awal tahun ini. Skutik gambot itu dibekali mesin terbaru dan hadir dengan dua pilihan tipe, yakni CBS (Combi Brake System) dan ABS (Anti-lock Braking System).
Harga skutik ini dijual dengan harga yang relatif bersahabat, kenaikannya tak terlalu signifikan dari model sebelumnya. Untuk tipe CBS dilepas Rp 30,35 juta dan tipe ABS dilabeli harga Rp 33,95 juta on the road Jakarta.
Ada selisih harga sebesar Rp 3,6 juta antara kedua tipe tadi, dan nominalnya cukup besar. Dari kedua tipe yang tersedia, mana yang sebaiknya dipilih dan apa saja beda keduanya?
Perbedaan paling mendasar dari keduanya tentu ada pada sistem pengeremannya. CBS memadukan pengereman pada kedua roda, meski hanya menarik tuas rem belakang saja.
Mekanisme CBS akan langsung membagi porsi kekuatan pengereman, yakni depan sebesar 60% dan belakang sebesar 40%. Pengereman ini praktis digunakan dan aman, termasuk untuk mereka rider pemula.
Sedangkan rem ABS, mengandalkan teknologi sensor yang mampu mencegah roda terkunci ketika melakukan pengereman dengan sangat kuat. Hanya saja Honda PCX 160 menerapkan ABS Single Channel, yang hanya ada di roda depan saja.
Fitur
Selain sistem pengeremannya, praktis tak ada beda signifikan diantara kedua tipe tersebut dalam hal fitur. Keduanya sudah dibekali panel meter baru yang digital, hanya saja untuk tipe ABS akan memiliki indikator ABS pada panel meter untuk memantau kinerja ABS.
Kemudian terdapat fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC). Dengan fitur ini, pengendara Honda PCX 160 akan terasa lebih nyaman dan aman saat berkendara di permukaan lintasan yang licin.
Jumpei Omori, Large Project Leader Honda Motor Co. Ltd., menjelaskan, HSTC diadopsi untuk memberikan rasa aman saat Honda PCX 160 melaju di permukaan jalan yang licin.
"HSTC mengontrol torsi mesin dengan mengontrol jumlah injeksi bahan bakar sesuai dengan laju roda belakang dan bukaan katup throttle, sehingga menekan selip roda belakang," ujar Omori, dalam presentasinya, saat peluncuran Honda PCX 160 secara virtual, beberapa waktu lalu.
Secara sederhana, fitur HSTC akan membantu menyeimbangkan kerja putaran roda saat mendeteksi terjadinya roda selip. Sehingga, mencegah terjadinya kecelakaan karena traksi roda yang hilang.
Indikator HSTC di panel meter memperingatkan pengendara tentang operasi sistem dengan lampu indikatornya yang menyala. Indikator HSTC dapat diaktifkan atau dinonaktifkan menggunakan sakelar multifungsi pada panel meter, tergantung kebutuhan pengendaranya.
Sistem pencahayaan kedua tipe ini juga sudah LED, baik lampu depan, lampu belakang, lampu sein, dan pada Daytime Running Light (DRL). Teknologi ini diklaim lebih awet dan lebih efisien dalam mengonsumsi daya, dibandingkan dengan lampu bohlam biasa.
Di dalam kotak konsol depan, Honda PCX 160 juga tetap dilengkapi dengan power charger. Penggunanya bisa melakukan pengecasan pada smartphone dengan langsung menyolok kabel USB tipe C.
Kapasitas penyimpanan di kotak konsol depan dan sudah ditingkatkan menjadi 1,7 liter. Sehingga, memudahkan untuk memasukkan dan mengeluarkan barang.
Kapasitas bagasi di bawah tempat duduk Honda PCX 160 juga semakin luas. Dari yang sebelumnya kapasitasnya hanya 28 liter, sekarang sudah menjadi 30 liter.
Honda PCX 160 dibekali dengan mesin yang lebih bertenaga dari generasi sebelumnya. Kali ini, mesinnya memiliki kapasitas yang lebih besar yakni 156,93 cc.
Dengan teknologi enhanced Smart Power plus (eSP+), Honda PCX 160 juga sudah menggunakan 4 katup. Banyak teknologi yang disematkan pada skutik ini yang membuat mesinnya jadi lebih minim gesekan dan meningkat performanya dibandingkan Honda PCX 150
Dengan mesin tersebut, Honda PCX 160 memiliki tenaga maksimum hingga 16 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Diameter pistonnya 60 mm dan langkahnya 55,5 mm. Sehingga, rasio kompresi yang dihasilkan mesin tersebut menjadi 12:1.
Selain sistem pengereman, praktis opsi warna yang ditawarkan jadi pembeda berikutnya. Honda PCX 160 tipe CBS, ditawarkan dengan empat pilihan warna, antara lain Marvelous Matte Grey, Majestic Matte Red, Wonderful White, dan Glorious Matte Black.
Sedangkan pada Honda PCX 160 tipe ABS juga dihadirkan dengan empat pilihan warna, mulai dari Majestic Matte Red, Royal Matte Blue, Wonderful White, hingga Brilliant Black.
Kesimpulan
Selain sistem pengereman dan juga opsi warna yang ditawarkan, praktis tak ada perbedaan signifikan diantara kedua tipe Honda PCX 160 2021 yang ditawarkan. Dan tentu saja selisih harga Rp 3,6 juta menjadi pembeda paling berpengaruh dalam menentukan pilihan.
Selisih harga tadi hanya untuk membayar perbedaan sistem pengereman menjadi ABS, itu pun hanya ABS Single Channel saja. Maka jika demikian, rasanya konsumen akan lebih banyak memilih tipe CBS ketimbang ABS bukan?