Mengenal Tiga Sesi Berkendara Pada Kompetisi Safety Riding Honda di Bangkok
Harry · 24 Jan, 2025 16:00
0
0
Bagian low speed balance.
Ada braking, slalom dan low speed balance.
Teknik berkendara diadu.
Low speed balance jadi bagian penentu.
PT Astra Honda Motor (AHM) mengirimkan empat perwakilannya pada ajang The 3rd Asia-Oceania Honda Safety Instructors Competition 2025 di Bangkok, Thailand.
Pada kompetisi yang berlangsung selama dua hari itu (23-24/1/2025) diikuti oleh berbagai negara.
Ada pun kategori yang dilombakan adalah 150 cc, 300 cc dan 500 cc. Indonesia sendiri mengikuti kategori 150 cc dan 500 cc.
Setiap peserta pun harus melalui tiga sesi yang dilombakan, dari slalom, braking hingga balancing.
Tidak boleh keluar jalur, kaki tidak boleh turun dan tidak boleh mnyentuh cone pembatas.
Sesi berikutnya adalah braking, yang menguji efektivitas pengereman motor pada jarak tertentu.
Sesi slalom.
Para peserta memacu motor hingga kecepatan 60 km/jam dan harus mengerem pada titik yang telah ditentukan.
Peserta yang berhasil mencapai jarak pengereman paling pendek, maka akan mendapat poin tinggi.
Namun ada beberapa syarat yang tak boleh dilanggar, seperti an tidak boleh sampai berdecit atau bahkan roda belakang terangkat.
Terakhir adalah sesi balancing, yang menguji kemampuan peserta dengan mengendarai motor pada kecepatan rendah.
Sesi braking.
Balancing ini terdiri dari narrow plank, dengan peserta harus melintasi papan selebar 30 cm tanpa keluar lintasan.
Ditambah lagi tidak boleh menggunakan rem depan, jadi hanya boleh memainkan rem belakang dan kopling saja.
Masih dari balancing, ada tahap low speed balance satu dan low speed balance dua, yang mana benar-benar akan menguji kemampuan berkendara para peserta.
"Balancing ini jadi bagian penentuan poin, karena lebih sulit dari dua sesi sebelumnya," kata M. Zakky Zulfiar, Instruktur Safety Riding dari AHM.
"Biasanya sesi braking dan slalom itu poin peserta masih beda-beda tipis, setelah sesi balancing baru terlihat tuh gap poin-poinnya," sambungnya.
Zakky sendiri merupakan peserta yang mengikuti kategori 500 cc, bersama dengan Amizar Maas yang merupakan perwakilan main dealer PT Daya Adicipta Motora (Jawa Barat).
Sedangkan untuk kategori 150 cc, AHM mempercayakan Hari Setiawan dari main dealer PT Mitra Pinasthika Mulia, Jawa Timur.
Hari merupakan pemenang kategori sport pada The 15th Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AHSRIC) 2024, ditemani oleh Dwi Oktawijaya.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil