Yamaha Nmax 155 2021 dan Honda PCX 160 2021 Kompak Naik Harga, Mana Yang Baiknya Dipilih?
Harry · 9 Apr, 2021 16:00
0
0
Persaingan antara Yamaha Nmax 155 2021 dengan Honda PCX 160 2021 dikenal sangat sengit. Kedua skutik tersebut berebut pasar dengan menawarkan beragam keunggulan yang ditawarkan masing-masing pabrikan.
Ketatnya persaingan kedua skutik tersebut tak lepas dari semakin besarnya segmen skutik kelas menengah atas, dan rata-rata skutik pada segmen ini memiliki kelengkapan seperti bagasi yang besar.
Selain menawarkan kenyamanan berkendara, keduanya juga memiliki performa mesin yang mumpuni. Perkara desain, gacoan Yamaha itu tampil sporty sedangkan jagoan Honda justru tampil elegan dan mewah.
Melirik harganya pada bulan April 2021, baik Yamaha Nmax 155 dan Honda PCX 160 mendapatkan kenaikan harga. Keduanya kompak mengubah harga jual, seperti yang terpantau pada situs resmi masing-masing merek.
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menaikkan harga jual skutiknya tersebut sebesar Rp 100 ribu untuk semua tipe. Sementara kenaikan harga yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) lebih besar dari kompetitornya itu.
Honda PCX 160 CBS misalnya, dari sebelumnya dijual Rp 30,35 juta menjadi Rp 30,745 juta. Kemudian untuk Honda PCX 160 ABS dari Rp 33,95 juta menjadi Rp 34,345 juta. Masing-masing tipe mengalami kenaikan harga Rp 395 ribu.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan harga jual sebuah sepeda motor. Umumnya karena adanya kenaikan harga material pembuatan sepeda motor, lalu kenaikan biaya balik nama, hadirnya teknologi baru, inflasi dan komponen biaya lainnya.
Persaingan Yamaha Nmax 155 2021 VS Honda PCX 160 2021
Sejak kemunculannya tahun 2015 lalu, Yamaha Nmax 155 praktis langsung mengganggu pasar skutik 150 cc. Kala itu banderol skutik Yamaha itu jauh lebih murah dibandingkan Honda PCX 150 yang berstatus CBU dari Vietnam.
Hingga akhirnya pada tahun 2018, AHM menghadirkan model terbaru dari Honda PCX 150 yang sudah dirakit lokal di pabrik mereka di Sunter, Jakarta Utara. Harganya pun menjadi lebih murah, mendekati Yamaha Nmax 155.
Kini keduanya pun telah hadir dengan model terbaru, Yamaha Nmax 155 generasi terakhir muncul akhir tahun 2019 lalu. Kemudian AHM menyusul dengan mengenalkan generasi baru yang disebut Honda PCX 160 awal tahun 2021 ini.
Lantas diantara keduanya, mana yang pantas untuk dimiliki?
DNA Yamaha Nmax 155 sejak awal adalah sporty, termasuk pada generasi keduanya. Penampilannya memiliki garis-garis bodi yang tegas, tampak muka agresif namun sosoknya nampak lebar jika dilihat dari belakang.
Penggunaan lampu LED depan dan belakang, dipadu penyematan lampu sein depan yang letaknya rendah ala keluarga Maxi Series lainnya, membuatnya berbeda. Lampu belakang meski lebar, tapi ada garis lampu LED sebagai lampu kota.
Kesan elegan justru sangat kuat pada sosok Honda PCX 160, yang memang sudah melekat sejak pertama kali muncul tahun 2010 lalu. Pada generasi terbaru ini justru semakin kuat kesan elegannya, dilihat dari sudut mana pun kesan tersebut sangat kuat.
Meski terlihat elegan, Honda memberikan sedikit sentuhan sporty denagn lekuk bodi yang unik, lihat saja sisi samping bodi depannya. Penyematan lampu-lampu yang seluruhnya sudah LED, ikut menambah kesan mewah Honda PCX 160.
Bermain disegmen yang sama, fitur yang dibawa Yamaha Nmax 155 dan Honda PCX 160 sama-sama lengkap. Untuk Yamaha Nmax 155, ada tiga tipe, paling bawah ada Standard, tengah-tengah ada Connected dan paling atas Connected/ABS.
Honda PCX 160 sendiri tersedia dua tipe, yakni CBS (Combi Brake System) dan ABS (Anti-lock Braking System). Ya perbedaan kedua tipe tadi hanya terletak ada sistem pengereman yang digunakan, sisanya fitur antar tipe Honda PCX 160 sama persis.
Yamaha Nmax 155 2021
Pada tipe teratas yakni Connected/ABS, Yamaha Nmax 155 memiliki fitur konektivitas melalui Y-Connect. Fitur ini bisa menghubungkan motor dengan smartphone pengendara, untuk bisa mendapatkan beragam manfaat.
Ketika motor dan smartphone terkoneksi, pengendara bisa memantau kondisi motor, rekomendasi perawatan oli dan aki, konsumsi BBM, lokasi parkir terakhir, notifikasi malfungsi, revs dashboard dan notifikasi pesan dan telepon masuk.
Kemudian pengereman sudah menggunakan ABS dual channel. Fitur lainnya sudah ada Smart Key System, Traction Control System, panel meter digital, USB port pada konsol depan, bagasi besar, suspensi belakang tabung dengan dua setelan preload.
Untuk tipe Connected, yang absen dari tipe teratas adalah suspensi tanpa preload, fitur rem ABS dan Traction Control System. Namun sudah dibekali Y-Connect dan juga Smart Key System.
Tipe Standard tentu tak memiliki fitur Y-Connect, Smart Key System karena menggunakan kunci kontak pengaman magnet. Lalu pengereman sudah rem cakram ganda tanpa ABS dan tak ada fitur Traction Control System.
Honda PCX 160 2021
Seperti yang disebutkan, selain hanya beda pada sistem pengereman, fitur antara tipe CBS dan ABS relatif sama. Kunci Smart Key System sudah tersedia untuk seluruh tipe, begitu pula dengan Honda Selectable Torque Control.
Panel meter digital, rem cakram ganda, lampu-lampu full LED, USB Port, bagasi besar sudah jadi bawaan. Apalagi bagasinya sudah besar mencapai 30 liter, begitu pula kapasitas tangki yang kini 8,1 liter.
Yamaha Nmax 155 2021 dengan mesin 155 cc, tenaganya tercatat 15,3 PS diputaran 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm pada putaran 6.500 rpm. Ada selisih tenaga 0,7 PS dan torsi 0,8 Nm.
Sedangkan Honda PCX 160 2021 dibekali mesin eSP+ 156,9 cc yang lebih bertenaga. Outputnya mencapai 16 PS pada 8.500 rpm, dengan torsi 14,7 Nm diputaran 6.500 rpm.
Artinya kini Yamaha Nmax 155 tak lagi superior dari Honda PCX 160, tapi mesin Yamaha Nmax dibekali katup variable VVA yang bisa menjaga tenaga mesin selalu kuat disetiap rentang putaran mesin.
Katup VVA ini bekerja sesuai putaran mesin dengan dua durasi noken as. Saat putaran rendah sampai tengah, pakai durasi pertama dan saat putaran tengah sampai atas, pakai durasi kedua.
Namun karakter tenaga tenaganya kini berbalik, Honda PCX 160 lebih kuat pada akselerasi putaran rendah sehingga cocok untuk stop & go. Lantas Yamaha Nmax 155 dengan mesin baru, justru kini kuat pada putaran atas dengan nafas mesin yang panjang.
Perbandingan Harga
Soal ini, range harga jual untuk Yamaha Nmax 155 2021 memang lebih bersahabat untuk konsumen. Varian terendah masih dijual dengan nominal tak sampai Rp 30 juta, tepatnya Rp 29,85 juta saja.
Lalu varian tengah ada Connected yang dilepas Rp 31,1 juta dan varian teratas yakni Connected/ABS dengan Rp 33,85 juta. Harga tersebut on the road Jakarta.
Honda PCX 160 2021 sendiri untuk tipe CBS dilepas diangka Rp 30,745 juta. Lalu varian ABS kini dilabeli harga Rp 34,345 juta. Harga ini dirangkum dari situs resmi AHM pada hari ini (9 April 2021).
Kenaikan harga pada sebuah sepeda motor pastilah sebuah hal yang sangat wajar. Toh kenaikannya masih diangka ratusan ribu saja, meski perubahan harga ini akan berdampak pada skema kredit yang ditawarkan, bagi Anda yang berminat membeli dengan cara dicicil.
Jadi mau pilih Yamaha Nmax 155 2021 atau Honda PCX 160 2021, semua kembali pada selera dan kebutuhan. Jika suka motor yang sporty, maka produk Yamaha pilihannya, dan penggemar tampilan elegan dan mewah, bisa melirik produk Honda.
Data Spesifikasi Yamaha Nmax 155 dan Honda PCX 160 2021
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil