Tertarik Meminang Honda City i-DSI? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Mungkin belum banyak yang tahu kalau Honda City i-DSI GD8 ini merupakan Jazz GD3 versi sedannya. Dikenalkan pertama kali pada tahun 2003, suksesor City Type-Z ini menjadi salah satu tulang punggung PT Honda Prospect Motor saat itu.

Tercatat saat diluncurkan, pihaknya berhasil menjual sebanyak 7.680 unit dan terus meningkat dimana pada tahun 2004, untuk penjualannya tembus hingga 8.330 unit.

Didatangkan secara utuh dari Negeri Gajah Putih dan baru dirakit secara lokal setahun kemudian karena permintaan pasar yang terus meningkat, pesaing Toyota Vios ini sempat menyabet gelar Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) kategori sedan secara berturut-turut, sejak 2003 hingga 2005. Bukan cuma itu, pada 2004, mobil ini juga memperoleh penghargaan “Best Mini Sedan” lewat ajang Jakarta Motor Show 2004.

Punya bentuk yang terbilang timless, Honda City i-DSI GD8 saat ini untuk kondisi bekasnya cukup terjangkau. Untuk pasarannya, City i-DSI ditawarkan mulai dari Rp60 jutaan. Apabila kalian tertarik membelinya, simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Baca juga: Intip Sejarah Honda City, Berawal dari Hatchback 3 Pintu Bermesin Turbo

Kelebihan Honda City i-DSI

1. Kabin Lapang, Honda City i-DSI Juga Memiliki Fitur Ultra Seat

Honda City i-DSI kabinnya terasa lapang

Secara dimensi terbilang kompak, untuk kabinnya Honda City i-DSI terasa lapang. Hal ini dikarenakan Honda mampu memberikan penataan serta memanfaatkan ruang yang ada.

Untuk legroom serta headroomnya, mobil ini terbilang luas ditambah dengan joknya yang lebar membuat setiap orang didalamnya betah untuk berlama-lama. Tak berhenti sampai disitu, mobil ini pun memiliki ruang bagasi luas sehingga memudahkan penggunanya disaat membawa barang dengan jumlah banyak.

2017 Honda CITY E 1.5
Rp 219,00 Juta
Rp 3,96 Juta/bln
Dapatkan
88.149 km
6,5 tahun
Jawa Barat
2016 Honda CITY E 1.5
Rp 202,54 Juta
Rp 3,66 Juta/bln
Dapatkan
64.921 km
7 tahun
Jakarta
2014 Honda CITY E 1.5
Rp 189,10 Juta
Rp 3,42 Juta/bln
Dapatkan
46.161 km
9 tahun
Banten

Keunggulan lainnya yang mampu memberikan kenyamanan berkendara selain dari kabinnya yang luas, untuk joknya mobil ini telah dibekali fitur ultra seat. Seperti yang diketahui, fitur ini mempunyai banyak keunggulan dimana pengguna bisa dengan bebas mengatur jok mobilnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Ultra seat pada City i-DSI ini terdiri dari 4 mode, yaitu; Utility Mode, Long Mode, Tall Mode dan Refresh Mode.

2. Berbekal Mesin SOHC i-DSI Honda City GD8 Terasa Reponsif

Mesin L15A i-DSI Honda City GD8

Tak hanya saat digunakan berpergian keluar kota, ketika menembus kemacetan di kota-kota besar mobil ini juga terasa gesit dan responsif. Hal tersebut dikarenakan Honda City i-DSI memiliki karakter yang galak pada putaran bawah dan ngejambak di atas.

Untuk mesinnya, pabrikan sendiri membekalinya dengan jantung pacu L15A 4 silinder SOHC 8-valve berkubikasi 1.496 cc i-DSI (intelligent Dual & Sequential Ignition) yang mana dapat menghasilkan tenaga 87 PS @5.500 rpm dengan torsi 128 Nm @2.700 rpm. Memiliki tenaga yang terbilang kecil, sebagai kompensasinya mobil ini punya torsi yang cukup besar sehingga terasa galak.

3. Irit Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

Honda City i-DSI GD8 irit bahan bakar

Mesin i-DSI yang digunakan Honda City GD8 memiliki proses pembakaran yang dapat menghemat bahan bakar sekaligus ramah lingkungan. Karenanya pada tiap silinder didukung oleh 2 buah busi yang memercik secara sekuensial.

Percikan busi pertama akan dilanjutkan dengan busi kedua yang telah diatur oleh ECU. Hal ini dimaksudkan supaya nyala busi menjadi lebih lama supaya pembakaran lebih sempurna, hemat bahan bakar sekaligus meningkatkan performa yang juga ramah lingkungan.

Karakter mesin i-DSI ini saat mengurangi gas, mobil masih dapat berjalan beberapa saat. Putaran mesinnya seakan terasa tidak berkurang sedikit pun berkat teknolgi yang dianutnya.

Sisa campuran antara bensin dan udara yang masih belum seluruhnya terbakar setelah percikan busi pertama lalu terbakar tuntas ketika percikan kedua. Bicara soal konsumsi BBM nya, beberapa pengetesan yang pernah dilakukan mobil ini sanggup menempuh jarak 20 km/liter.

4. Transmisi Otomatis Sudah Menggunakan Teknologi CVT

Steermatic 7 speed CVT

Mengenai gearboxnya, Honda City i-DSI mendapatkan dua pilihan jenis transmisi, yakni manual 5-percepatan serta otomatis CVT 7 speed Steermatic. Untuk transmisi CVT nya tersebut terasa halus setiap melakukan perpindahan gigi secara otomatis namun tetap responsif. Hal tersebut dikarenakan mobil ini sudah menggunakan paddle shift dengan close ratio berupa tombol pada stir, yang bisa digunakan untuk menambah dan menurunkan percepatan sesuai dengan keingininan pengemudi.

Baca juga: Adu Ganteng Suzuki Baleno Millennium vs Honda City Type Z, Sedannya Anak Gaul Era 2000-an

Kekurangan Honda City i-DSI

1. Lemah di Kaki-kaki Depan

Kaki-kaki depan Honda City i-DSI gampang lemah

Menggunakan penggerak Front-wheel Drive, mobil ini memiliki kelemahan di sektor kaki-kaki depan. Beberapa pemilik mobil ini kerap kali mendengar dan merasakan suara ‘gluduk’ pada bagian roda depannya. Hal ini dikarenakan karet bushing di swing arm sudah mulai mulai getas, karet ball joint pecah, serta karet tie rod yang jebol yang sudah termakan usia.

2. Transmisi CVT Timbul Masalah

Transmisi CVT pada Honda City i-DSI memerlukan perhatian khusus. Karenanya penggunaan oli yang tak sesuai serta jarang melakukan servis, dapat menimbulkan kejadian transmisi CVT bermasalah seperti ‘jedug’ dan kurang terasa responsif. Sebagai informasi, setiap melakukan pergantian oli transmisi pastikan menggunakan oli khusus CVT serta saat memindahkan tuas transmisi berikan jeda beberapa detik.  

3. Suspensi Cenderung Stiff

Suspensi terasa sedikit keras

Karena dirancang agar tetap terasa stabil ketika melaju di kecepatan tinggi, maka untuk suspensinya mobil ini disetting agak sedikit stiff. Hal ini tentunya menimbulkan dampak ketika digunakan di jalan yang berkontur, dimana bantingan terasa sedikit keras. Berdasarkan pengalaman kami mencobanya sebagai penumpang, karakter suspensinya masih cukup nyaman kok. 

4. Minim Fitur

Honda City i-DSI hanya dilengkapi dengan AC with heater, Electronic Power Steering (EPS), power window, defogger, serta head unit single din. Untuk keselamatan berkendara, mobil ini hanya mengandalkan seatbelt serta struktur rangka dan belum mendapatkan ABS serta airbags sehingga pengemudi diharuskan lebih berhati-hati saat berkendara.

5. Pilar A Tebal

Pliar A tebal mengurangi visibilitas serta menambah blind spot

Pada pilar A nya Honda City i-DSI ini terbilang tebal sehingga mengurangi rasa nyaman sekaligus keselamatan berkendara. Pasalnya dengan pilar yang tebal ini selain mengurangi visibilitas juga membuat blind spot menjadi semakin besar saat melihat ke samping.

Kesimpulan

Harga bekasnya Rp60 jutaan, Honda City i-DSI hingga saat ini masih cocok untuk digunakan untuk berkendara sehari-hari. Selain nyaman berkat kabinnya yang luas, mobil ini juga terasa responsif sekaligus hemat bahan bakar berkat perpaduan antara mesin serta transmisinya.

Namun yang perlu diperhatikan dari mobil ini adalah kaki-kaki depannya yang kerap bermasalah dan penggunaan oli transmisi khusus CVT supaya tidak timbul hentakan serta menjaga performa dan keawetannya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz GD3, Pionir Hatchback CVT di Indonesia

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda City

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2018 Honda ACCORD VTI-L 2.4

Rp 365,00 Juta
Rp 7,44 Juta/bln

73.224 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2015 Honda CIVIC 1.8

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

40.865 km

7,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota COROLLA ALTIS V 1.8

Rp 408,00 Juta
Rp 8,31 Juta/bln

12.662 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota VIOS G 1.5

Rp 170,00 Juta
Rp 3,46 Juta/bln

88.383 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2014 Mercedes-Benz E 250 AMG 2.0

Rp 413,00 Juta
Rp 8,41 Juta/bln

53.402 km

9 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Lima Perbedaan Honda City Sedan dan City Hatchback | First Impression

ALL NEW 2020 Honda City

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Honda City
    Rp 337,00 Juta
    VS
    Toyota Vios
    Rp 252,40 Juta
    City vs Vios
  • Honda City
    Rp 337,00 Juta
    VS
    Mazda 2 Sedan
    Rp 333,80 Juta
    City vs 2 Sedan
Honda City
Lihat