Salah satu brand otomotif global yang melakukan pengembangan dan proses produksi di Indonesia adalah Daihatsu, melalui PT Astra Daihatsu Motor.
Ya, di Indonesia merek mobil asal Jepang tersebut memang tidak hanya fokus dalam penjualan, tapi melakukan pengembangan yangmelibatkan supplier lokal dalam proses produksi.
Baca juga: Perbedaan Spesifikasi Daihatsu Gran Max Minibus 1.5 Vs 1.3, Bukan Cuma di Mesin dan Velg!
Tahapan pengembangan, hingga proses produksi mobil, kemudian dijual ke khalayak dibocorkan Daihatsu dalam acara bertemakan How to Make a Car, diikuti 80 peserta klub dan komunitas yang berasal dari berbagai chapter di Jabodetabek.
Menurut Industrial Design Division Head ADM Mark Widjaja, dengan hadir di acara How to Make a Car, maka perwakilan masyarakat ini bisa mengetahui proses pengembangan kendaraan secara keseluruhan.
"Daihatsu berkomitmen, untuk terus berusaha mengembangkan mobil best value product yang cocok untuk pasar Indonesia, sesuai dengan strategi utama Daihatsu, yaitu Dari Indonesia Untuk Indonesia,” ujar Mark dalam keterangannya.
Baca juga: Biarpun Toyota yang Laris, Daihatsu Ternyata Juga Sudah Produksi 8 Juta Unit Mobil di Indonesia
Dalam kesempatan ini, para peserta juga berkesempatan langsung melihat demonstrasi pembuatan konsep desain (sketch) secara yang dilakukan oleh para desainer Daihatsu.
Selain itu, mereka juga melihat tampilan clay modelling, dan video proses pengembangan mobil yang dilakukan oleh Daihatsu dari A sampai B.
Secara garis besar, tim Research and Development (R&D) Center ADM, melakukan berbagai tahapan dalam pembuatan mobil.
Pengalaman para ahli yang berasal dari sumber daya manusia Indonesia ini juga dibagikan di hadapan peserta.
Nah, Anda mau tahu tahapan bagaimana pembuatan dan pengembangan mobil, berikut ulasannya.
Proses Survey dan Interview untuk mendengar suara konsumen, sekaligus melakukan survey pasar untuk mengetahui beragam kondisi di Indonesia.
Selain itu, hal ini juga dapat menentukan spesifikasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan pasar.
Konsep ide dan proses kreatif yang dituangkan dalam sketsa sebuah mobil, dilanjutkan dengan proses clay modelling untuk mengubah bentuk dua dimensi menjadi tiga dimensi.
Pada fase ini, desain mobil yang telah dibuat, diwujudkan menjadi gambar teknik, dilanjutkan dengan proses pembuatan prototype.
Produk prototype diuji performa, keamanan, keandalan, dan kinerjanya sebelum dipasarkan. Tahapan ini dilakukan untuk memastikan bahwa kendaraan yang dibuat sudah memenuhi standar kualitas global, serta sesuai dengan kebutuhan pasar.
Perlu dicatat, Daihatsu sendiri memiliki fasilitas R&D Center terlengkap dan terbesar di Indonesia, yang berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat.
Area ini dilengkapi dengan fasilitas Design Center, Engineering Center, serta Test Course lengkap yang memiliki 24 macam tipe jalan yang mewakili kondisi jalanan di Indonesia dengan luas total sebesar 25 Hektar (Ha).
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2
5.751 km
1 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
15.855 km
2,5 tahun
Jakarta
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
16.096 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota AGYA GR SPORT 1.2
14.892 km
2 tahun
Jawa Barat
2017 Toyota AGYA G 1.2
14.124 km
5,5 tahun
Jakarta