Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Honda CR-V e:HEV Bukan Cuma Tawarkan Fisik yang Menawan
Prasetyo · 13 Sep, 2024 20:05
0
0
Rekomendasi mobil keluarga 2024 di kategori SUV (Sport Utility Vehicle) tentu opsinya sangat banyak. Tapi kalau mencari model SUV terbaik yang menawarkan teknologi paling update, rasanya akan tersaring hanya beberapa nama saja.
Sebab di kategori Advance Family SUV, kami tidak mau sekedan menyajikan mobil SUV yang biasa-biasa saja. Oke, mobil tersebut punya ketangguhan melibas medan yang tidak bersahabat untuk kendaraan lain, tapi kalau teknologi yang diusungnya sebenarnya bukan sesuatu yang istimewa, maka itu tidak masuk dalam radar pantauan tim redaksi Autofun.
Untuk keluarga yang menyukai mobil adventure dengan teknologi high tech terkini, maka kami harus pilihkan pula yang bisa memenuhi unsur tersebut. Mobil itu wajib keren secara fisik, nyaman dikendarai, dan fiturnya kekinian.
Kami pun memilihkan Honda CR-V e:HEV, sebuah model hybrid terbaru dari PT Honda Prospect Motor (HPM) yang sudah cukup lama vakum menghadirkan kendaraan berteknologi hibrida. Tercatat, HPM sempat bermain di segmen mobil hybrid pada 2010 lalu melalui Honda CR-Z, namun akhirnya harus dihentikan penjualannya pada 2016.
Setelah absen lebih kurang tujuh tahun, HPM pun sadar betul kalau kendaraan hybrid adalah model yang paling realistik untuk memasuki segmen elektrifikasi di Indonesia. Karena itulah CR-V generasi keenam ini pun hadir bukan cuma dengan varian mesin turbo, namun juga ada yang berteknologi e:HEV, sebutan mesin hybrid bagi Honda.
Keberadaan teknologi kombinasi antara mesin bensin, motor listrik dan baterai ini tentunya memberikan berbagai manfaat bagi Honda CR-V. Konsumsi BBM-nya jelas semakin efisien, namun tanpa meninggalkan kenikmatan berkendara khas mobil-mobil Honda.
Sebagai catatan teknisnya, CR-V 2.0 RS e:HEV disematkan mesin berkapasitas 2.0-liter direct-injected 4-silinder segaris Atkinson cycle DOHC yang dipadukan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT).
Secara total, kombinasi antara mesin dengan motor listrik sanggup meletupkan tenaga sebesar 207 PS dan torsi 335 Nm. Sementara itu energi listriknya tersimpan dalam baterai tipe lithium-ion berkapasitas 1,06 kWh.
Sistem e:HEV bekerja dalam 3 Driving System yang terdiri dari EV Mode, Hybrid Mode dan Engine Mode. Kelebihan dari sistem hybrid pada CR-V terbaru ini ialah masing-masing mode akan menentukan kapan bekerja secara independen sesuai dengan kondisi jalan dan perilaku pengemudinya.
Dalam kondisi berkendara normal dengan beban mesin rendah, sistem akan menggunakan mode EV dimana hanya baterai yang menggerakan motor elektrik untuk menjalankan mobil. Dengan begini tidak ada konsumsi bensin yang digunakan dan tidak menghasilkan emisi.
Skema hybrid kombinasi antara mesin dan motor elektrik baru bekerja saat kita butuh akselerasi yang kuat. Lantas mesin 2.000 cc baru benar-benar full bekerja saat mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi.
Adapun proses pengisian energi listriknya melalui proses pengereman kendaraan (regenerative braking) dimana semakin besar level perlambatan maka semakin banyak daya yang diserap oleh baterai.
Terdapat Deceleration Paddle Selector di balik setir, dimana pengguna dapat menggunakan Shift B untuk memberikan proses perlambatan yang aman bahkan di jalan menurun yang curam.
Fisik Memikat dengan Fitur Keselamatan Lengkap Jadi Daya Tariknya
Memiliki dimensi lebih besar dibanding generasi sebelumnya, kami memberikan CR-V terbaru sebagai rekomendasi mobil keluarga 2024 karena secara penampilan terlihat lebih agresif dan sporty. Banyak penggunaan garis tegas di sekujur tubuhnya yang membawa kesan berkarakter dan jauh berbeda dibanding generasi sebelumnya yang masih ada lekukan membulat.
Fascia depan mobil ini tetap menganut konsep Solid Wing Face yang terkesan gahar dan mewah. Kemudian dipadu lampu utama berteknologi LED dengan penampilan pipih serta tambahan DRL di bagian atas. Begitupun pada bumper, CR-V terbaru terkesan lebih berotot serta atraktif berkat adanya tambahan aksen lubang udara yang dikelilingi list berwarna silver.
Menyesuaikan bentuk depan, pada sisi samping mobil ini juga disematkan garis tegas di bagian pinggang, side skirt, wheel arch dan velg berukuran 19 inci dengan desain sporty. Melihat dari sisi buritan, stoplamp-nya mengadopsi bentuk L shape dengan garis menyudut yang menganut teknologi LED plasma.
Seperti diketahui untuk pertama kalinya Honda memperkenalkan teknologi Honda CONNECT di Tanah Air melalui generasi kedelapan CR-V. Honda CONNECT sendiri merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai fitur dan informasi di mobil melalui smartphone.
Disisi lain, mobil ini turut dibekali fitur keselamatan Honda SENSING yang lebih lengkap termasuk tambahan teknologi Adaptive Driving Beam. Fitur ADAS pada mobil ini mencakup:
Collision Mitigation Braking System (CMBS)
Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow (ACC with LSF)
Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW)
Lead Car Departure Notification System (LCDN)
Lane Keeping Assist System (LKAS)
Auto High Beam (AHB)
Alasan lain mengapa CR-V e:HEV hadir sebagai rekomendasi mobil keluarga 2024 adalah untuk fitur pemanja pengemudi dan penumpang juga tak kalah lengkap. Misalnya keberadaan head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang mendukung wireless smartphone connection dan terintegrasi dengan Honda LaneWatch. Kemudian perangkat entertainment itu juga sudah terhubung dengan 12 speakers premium garapan BOSE.
Di sisi pengemudi, sudah tersaji meter cluster digital dengan tampilan yang jernih. Ada juga head up display yang sanggup menampilkan beragam informasi seputar kendaraan melalui layar mengambang di atas dashboard.
Kemudian kelima jik di kabin mobil ini juga sudah berbalut material kulit dengan aksen jahitan merah yang menjadi ciri khas tipe RS dari Honda yang bernuansa sporty. Kemudian untuk jok pengemudi juga sudah memiliki pengaturan elektrik.
Tak ketinggalan, keberadaan panoramic sunroof juga membuat nuansa kabin terlihat jauh lebih mewah, dan memberi kesan lebih lapang ketika dibuka.
Selain CR-V e:HEV, HPM juga memasarkan CR-V bermesin 1.5L Turbo. mobil ini dibekali jantung mekanis 1.5L DOHC i-VTEC 4-silinder segaris 16 valve + DBW dengan kubikasi 1.498 cc.
Mesin tersebut sanggup meletupkan tenaga 190 PS di putaran 6.000 rpm serta torsi 240 PS 1.700-5.000 rpm. Berbeda dengan varian hybrid, untuk mesin 1.5 turbo dikawinkan transmisi CVT yang selanjutnya ditranslasi ke roda depan.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.