Pada tahun 1980, Alfa Romeo membawa penyegaran terakhir untuk penggerak roda depan Alfasud di pasar dan membuka jalan bagi mobil FWD lainnya yang dibangun oleh pembuat mobil Italia. Itu adalah bab terakhir Alfasud, sebuah mobil yang lahir untuk mengurangi bagian selatan tingkat pengangguran Italia. Terlepas dari semua peluang, karat, dan pekerja tidak terampil, Alfasud berusia hampir sepuluh tahun. Selama waktu itu, penemuan teknologi cukup besar untuk meyakinkan manajemen Fiat bahwa mereka harus diterapkan pada mobil. Selain itu, beberapa langkah keamanan menyebabkan perubahan estetika lainnya. Sebagai permulaan, Alfa Romeo menjaga bentuk mobil. Itu masih merupakan hatchback lima pintu dengan tailgate seperti coupe. Mungkin itu bukan ide terbaik untuk ruang kepala penumpang belakang, tetapi itu bekerja dengan baik untuk bentuk kendaraan. Dimulai dengan model 1980, alfasud Sporting Wraped-sekitar bumper plastik, yang seharusnya melindungi pejalan kaki dengan lebih baik jika dipukul oleh mobil dengan kecepatan rendah. Di depan, lampu depan besar, persegi panjang menampilkan sinyal belokan yang dipasang di sudut, dan grille tampak lebih halus dengan bilah horizontal ramping dan perisai Big Alfa Romeo di tengah. Di dalam, dashboard membuat perbedaan yang jelas antara sisi pengemudi dan penumpang, dengan cluster instrumen dan tumpukan tengah digabungkan. Dial gaya teropongnya menampilkan huruf putih dan jarum pada latar belakang hitam, dan lampu peringatan memenuhi kesenjangan antara speedometer dan tachometer. Berkat lantai datar, alfasud menawarkan lima posisi duduk sejati di mana orang dewasa benar-benar bisa duduk dengan baik. Di bawah kap, Alfa Romeo memasang pilihan dua mesin boxer. Masing-masing dari mereka ditawari pilihan dua output daya. Terlepas dari versi dasar, yang dipasangkan ke manual empat kecepatan, tiga lainnya mengirim daya mereka ke gearbox lima kecepatan.