Brera muncul pertama kali pada tahun 2002 sebagai mobil konsep Giugiaro untuk Alfa Romeo di Geneva Motor Show. Tiga tahun kemudian, versi siap produksi ditampilkan di Jenewa. Ada beberapa perbedaan teknis, tetapi desainnya hampir sama. Selalu ada pertempuran antara desainer dan insinyur mobil. Biasanya, di Italia, pertempuran itu dimenangkan oleh para desainer sementara di Jerman para insinyur memimpin. Konsep Brera menampilkan mesin Maserati V8 dengan all-wheel-drive, sedangkan model produksi seri memiliki V6 yang jauh lebih sederhana sebagai mesin spesifikasi teratas. Setidaknya, itu menyimpan sistem all-wheel-drive untuk satu versi. Desainnya dibuat oleh Giugiaro, selesai dan diproduksi oleh Pininfarina. Mobil berbagi lebih dari 50% bagiannya dengan sedan Alfa Romeo 159, termasuk lampu depan, mesin, dan beberapa bagian dasbor. Dari b-pilar di belakang, semuanya diubah. Tetapi lampu depan tiga lampu disimpan dan mereka unik di pasar. Atap pendek dan akhir tiba-tiba membuat mobil terlihat seperti rem menembak, tetapi lebih pendek. Di dalam, Brera menampilkan dashboard yang sama dengan 159. Tombol Start dan tiga alat pengukur di tengah pelat aluminium nyata dari konsol tengah adalah sama. Dengan kursi yang didukung, Brera lebih dekat dengan kapal penjelajah jarak jauh daripada mobil sport. Di belakang, ada ruang untuk kursi anak. Ada empat opsi mesin, dan hanya versi teratas yang tersedia dengan sistem all-wheel-drive. Tetapi mobil berat itu menyebabkan efisiensi bahan bakar yang buruk dan tidak jadi pertunjukan Alfa Romeo.