Alfa Romeo mencoba membuat namanya dikenal melalui kendaraan sporty, seperti RM Sport, yang diperkenalkan di Paris Motor Show 1923. Pembuat mobil Italia masih berjuang untuk mengembangkan kendaraan baru, sementara itu sulit untuk menghadapi persaingan Fiat di pasar asalnya. Tetapi ada cara yang berbeda membangun kendaraan, dan Alfa Romeo berpikir itu bisa berbuat lebih baik di Arena Motorsport. Pembuat mobil sudah memiliki ACE di lengan bajunya: The Chief-Engineer Giuseppe Merosi. Dia merancang Alfa Romeo RL, dan berdasarkan pada sasis yang dimodifikasi; Dia membuat RM dan olahraga RM. Yang terakhir masuk membuat debut motorsport di Koupe des Alpes ketiga pada tahun 1923, dan, setelah enam tahap dan 3000 km (1864 mil), selesai di tempat keempat di kelas dua liter. Tidak seperti saudara-saudaranya, RM normal dan RM Unificado, versi olahraga menampilkan wheelbase yang lebih pendek dan mesin kompresi yang lebih tinggi. Desain eksteriornya, dengan tampilan torpedo dua pintu, ditawari lampu listrik dan radiator vertikal dan kelajakan. Desainer itu membuat lereng mendadak ke arah bagasi di belakang kabin pendek, yang dapat diakses dari luar. Interiornya dilengkapi dengan kursi kulit dan trim kayu di panel pintu. Dashboard logam, datar dipasang dan menampilkan panel instrumen di tengah-tengahnya, sedangkan pos mengemudi berada di sisi kanan kendaraan. Di bawah kap, Alfa Romeo memilih untuk memasang mesin khusus. Itu adalah inline-empat dengan rasio kompresi yang lebih tinggi. Meskipun memiliki perpindahan yang lebih kecil dari saudara-saudaranya, mesin olahraga RM memberikan daya yang lebih tinggi.