Generasi kedua alpine diperkenalkan pada tahun 1961 dan terutama didasarkan pada Renault Gordini yang ada. Itu diperkenalkan sebagai coupe (Berlinette) dan setelah itu sebagai convertible. Alpine adalah untuk Renault Apa itu Shelby FORD. Itu bukan departemen khusus, tetapi perusahaan yang berbeda. Itu independen sampai tahun 1973 ketika pembuat mobil Renault milik negara membeli produsen kecil dan mengubahnya menjadi departemen Renault-Sport. A110 sebagian besar didasarkan pada pendahulunya, A108. Itu dirancang oleh Giovanni Michelotti, yang juga bekerja untuk Ferrari, Maserati, BMW, atau Triumph, untuk menyebutkan hanya beberapa. Empat-headlamps yang dipasang di bagian depan adalah salah satu karakteristik utama mobil. Karena mesin itu dipasang di belakang, tidak ada asupan udara depan untuk mendinginkannya. Rumah kaca pendek menampilkan jendela belakang yang disapu. Di belakang, tutup kompartemen mesin pendek ditempatkan di antara dua sendok udara besar pada panel seperempat. Bodywork terbuat dari bahan plastik. Di dalam, dua kursi ember ditempatkan rendah di lantai. Panel instrumen menampilkan lima panggilan, dengan tachometer besar di sebelah kiri dan speedometer di sebelah kanan. Di bawah tanda hubung, di tengah, ada tombol tarik untuk beberapa fungsi mobil lainnya: dua untuk ventilasi, satu untuk kipas angin, dan defroster jendela belakang. Gear-stick yang dipasang di lantai untuk gearbox 5-speed menampilkan bola aluminium. Alpine A110 ditawarkan dengan beberapa opsi mesin, antara 1,1 liter dan 1,6 liter berkisar antara 55 hp dan 140 hp. Bodywork ringan dan suspensi independen di semua sudut membuat mobil sangat gesit. Dan begitulah merek Prancis telah mengalahkan Porsche dan mengambil 6 kemenangan keseluruhan pada Kejuaraan Reli Dunia 1973, termasuk Monte Carlo dan Sanremo Races yang terkenal.