Ariel Atom yang sangat ringan adalah roadster yang mengguncang dunia supercar dengan waktu akselerasi yang menakjubkan dan kecepatan menikung tinggi. Ariel mengambil konsep ringan ke tingkat yang berbeda. Produsen mobil Inggris membangun konstruksi bingkai ruang dan hanya menambahkan apa yang wajib di atasnya, dan semuanya dimulai dengan proyek siswa yang dibuat untuk Universitas Coventry, pada tahun 1996, oleh Niki Smart, yang kemudian menjadi manajer desain eksterior untuk General Motors Tim desain canggih. Smart membangun konsep dengan desain Exoskeleton. Konstruksi terinspirasi oleh industri udara. Desainer menambahkan kerucut hidung untuk meningkatkan aerodinamis dan melindungi pengemudi dari angin. Tidak ada kaca depan (meskipun itu kemudian ditambahkan sebagai opsi). Lampu depannya nyaris tidak terlihat di antara roda dan hidung mobil. Di belakang, produsen mobil memasang lampu belakang langsung pada sasis. Semuanya terkena angin: mesin, gearbox, suspensi, dan, tentu saja, pengemudi. Tidak ada pintu atau atap. Pengemudi duduk di kursi yang sangat ramping dibangun setebal dan berat karena aturan yang dibutuhkan, tetapi mereka menampilkan area yang didukung tinggi sehingga pengemudi tidak akan meluncur keluar selama sudut berkecepatan tinggi - akselerasi lateral pendukung mobil lebih dari 1 g. Cluster instrumen menampilkan dua panggilan untuk speedometer dan tachometer dan LCD di bagian bawah. Pada awalnya, mobil ini ditenagai oleh mesin Rover 1,8 liter. Kemudian, pembuat mobil menambahkan lebih banyak versi mesin, dengan unit Honda Civic Tipe R K20 menjadi yang paling dikenal, terutama dengan supercharger di atasnya yang memberikan atom rasio ATOM 600 hp / nada dan 0-97 kpj ) Waktu hanya 2,9 detik.