Generasi ketiga A6 Allroad datang di pasar pada 2012 untuk membuktikan bahwa Audi benar ketika memutuskan untuk memperkenalkan kendaraan crossover berdasarkan Audi A6 Avant. Meskipun itu bukan kendaraan off-road yang nyata, itu bisa mengatasi dengan baik dengan trek yang tidak beraspal dan bahkan mengatasi beberapa uji coba off-road ringan. Audi melindungi bodyworknya dengan beberapa cetakan plastik di sekitar dan piring baja tahan karat di bawah mobil. Itu duduk rendah di jalan daripada SUV biasa dan bahkan lebih rendah pada kecepatan yang lebih tinggi berkat suspensi pneumatik standar. Dari luar, pembuat mobil membawa sebagian besar panel tubuhnya dari A6 Avant biasa, tetapi bumper, cetakan lengkungan roda yang berlebihan dan kusen sampingnya unik untuk itu. Di atas kendaraan, pembuat mobil memasang roof-rails jika seseorang membutuhkan lebih banyak ruang bagasi. Mereka lebih bermanfaat untuk membawa sepeda dan kano. Biasanya, tidak ada yang membutuhkan lebih banyak ruang bagasi jika memiliki stasiun A6-Wagon. Di dalam, Audi memasang kabin yang nyaman cocok untuk lima orang dewasa dewasa dengan banyak ruang kaki untuk empat dan terbatas untuk penumpang ketiga, tengah dari bangku cadangan. Dasbor memiliki desain bersih dengan layar infotainment pop-out yang menunjukkan peta dari Google Earth. Penggunanya dapat memperluas trunk berkat kursi belakang split-lipat dari 565 liter (20 cu-ft) ke vebal 1680 liter (59,3 cu-ft). Itu membentuk area yang sepenuhnya datar, cukup baik untuk digunakan sebagai kamar tidur. Di bawah kap, Audi menawarkan dua mesin bensin dan satu diesel. Yang terakhir tersedia dalam empat output daya berkisar antara 204 hp dan 320 hp. Semua versi menggunakan sistem all-wheel-drive dengan diferensial pusat penguncian dan kontrol keturunan bukit.