Setelah beberapa tahun keraguan dan "tidak sekarang", BMW mengambil pertaruhan dan meluncurkan coupe yang lebih kecil daripada 3-series. Dan hasilnya adalah penggerak roda belakang pocket-rocket. Hatchback 1 seri berada di pasaran sejak 2004 dan, ketika BMW memutuskan untuk meluncurkan 3 pintu dan coupe pada 2007, didasarkan pada keberhasilan 5 pintu. Tapi itu hanya beberapa bulan sebelum krisis ekonomi dunia. Tetapi mengingat bahwa seri 1 menyumbang sekitar 20% dari penjualan global BMW pada tahun 2008. Bentuk kendaraan yang tidak biasa dirancang oleh Chris Bangle, desainer yang sama yang membuat 7-seri paling jelek. Tetapi untuk ukuran 1-series, teorinya bekerja dengan baik dan 1 seri coupe adalah mobil yang tampan untuk eranya. Meskipun memiliki beberapa bentuk yang tidak biasa untuk lampu depan untuk BMW, bentuk keseluruhannya benar dan proporsinya menurut BMW 1600 tahun 1900. Di dalam, dashboard itu sederhana dan memiliki layar yang dapat ditarik untuk sistem infotainment i-drive itu Bisa dikontrol melalui tombol rotary di konsol tengah. Berbagai macam mesin tersedia untuk coupe seri 1. Transmisi standar adalah manual 6 kecepatan, sedangkan otomatis 6-speed ditawarkan sebagai opsi.