BMW memperkenalkan sedan 4 pintu 1500 di The Frankfurt Motor Show 1961. Model baru ini menampilkan desain yang cukup inovatif dan ditambah dengan penangguhan penangguhan dan powerplant yang luar biasa, menjadi model terbaik pabrikan Jerman pada saat itu (juga menyelamatkan perusahaan dari kebangkrutan). 1500 membawa pengakuan BMW di seluruh dunia dan dijual dengan 9500 tanda, sekitar 4,800 EUR, tetapi pasti memiliki nilai yang lebih besar di tahun 60-an. Produsen Jerman merasakan kebutuhan untuk merancang mobil berukuran sedang, namun, uang tidak cukup pada saat itu, hingga tahun 1959 ketika mereka mulai merancang model 1500. BMW 1500 kemudian berfungsi sebagai model dasar untuk 1800Ti yang lebih kuat dan Model 1600TI, bersama dengan versi derivatif mereka. Pilar-C-nya menampilkan desain 'Hofmeister Kink' inovatif, yang berarti tikungan maju rendah memisahkan jendela belakang dari kaca belakang. Unit 1 silinder 1,5 liter dapat memberikan sekitar 80 hp dan kemudian dibangun kembali untuk model 1800 dan 1600. BMW 1500 bisa naik hingga 150 km / jam dan memberikan kinerja yang sangat baik dibandingkan dengan pesaingnya. Mobil itu meroket hingga 100 km / jam dalam 12,6 detik. Interior dirancang sedemikian rupa untuk menyediakan fungsionalitas dan tampilan yang bersih dan canggih. BMW 1500 dinilai untuk visibilitas serba, sportiness dan ruang bagasi, meskipun model pertama mengembangkan beberapa masalah seperti pemisahan pasukan lengan semi-trailing dari tubuh dan gandar belakang kegagalan. Semua dalam semua, mobil menawarkan kenyamanan dan keandalan. Pada tahun 1972, 1500 dihentikan dan BMW meluncurkan seri 5.