3,0 CSL adalah model pertama yang dirancang dan dikembangkan oleh Divisi Motorsport BMW. The 1971 BMW 3.0 CSL (Coupe Sport Ringan) didasarkan pada chassis & bodi 3,0 CSI dan menampilkan komponen semua aluminium, sambil dilucuti dari semua hiasan 'tidak perlu' atau sistem kedap suara. Model ini pada awalnya dilengkapi dengan 3.0L mesin inline 6-silinder yang memberikan 180 HP yang kemudian diganti (1973) dengan unit 3.2L yang lebih kuat. Versi balap dari 3.0 CSL menerima mesin 3.5L berkinerja tinggi dan gearbox getrag lima kecepatan. 3,0 CSL lebih ringan dari pendahulunya sekitar 400 lbs. Panel pembukaan terbuat dari aluminium, dan panel baja memiliki pengukur tipis. Mobil tidak memiliki bumper depan dan bumper belakang adalah yang sangat ringan, terbuat dari poliester hitam. Power steering dan jendela listrik dihapus juga. Model ini diproduksi di sekitar 785 unit hingga penghentiannya pada tahun 1975. Varian Balap BMW 3.0 CSL mencetak beberapa kemenangan bersejarah pada kejuaraan ETCC 1973 (mengalahkan Ford Capri untuk judul driver dan 6 jam dari Nurburgring) atau 6 jam. CSL ditawarkan dalam empat warna khas: Colorado, Golf, Inka dan Verona. Semua model yang diproduksi adalah drive kiri dan tidak dijual di Inggris.