Generasi ketiga dari 5-Series diperkenalkan oleh BMW pada November 1987 itu adalah pesaing sedan ukuran menengah di segmen premium. Pada pertengahan '80-an, pertempuran untuk segmen ukuran menengah premium terutama antara Mercedes-Benz E-Class dan BMW 5-Series. Pada saat generasi ketiga dari 5-series diperkenalkan, kedua pembuat mobil sudah mengambil jalan mereka, dengan BMW pergi untuk model sporsier dan Mercedes-Benz untuk mobil yang lebih nyaman. Generasi ketiga 5-series menyimpan lampu depan empat putaran di bagian depan, dengan gril lebar dan sempit. "Ginjal" BMW lebih terbuka, dengan pelek perak atau berwarna tubuh. Bumper plastik sudah menjadi mode dan yang lebih tua, chrome, adalah bagian dari sejarah. Namun, strip karet hitam disimpan. Dasbor dimiringkan ke arah pengemudi dan ditawarkan kontrol untuk HVAC dan sistem audio, ditambah sepasang ventilasi. Cluster instrumen khas, dengan speedometer, tachometer, level bahan bakar, dan suhu pendingin, ditambah putaran "ekonomi" tambahan yang menunjukkan konsumsi bahan bakar instan dengan dial. Di bawah tenda, seri 588 5 ditawarkan dengan pilihan mesin bensin dan diesel. Itu adalah 5-seri pertama yang tersedia dengan all-wheel-drive untuk unit bensin 2,5 liter. Transmisi standar untuk sebagian besar rentang engine adalah manual 5 kecepatan, sedangkan 540i ditawarkan dengan unit 6 kecepatan. Otomatis 4 atau 5-kecepatan ditawarkan pada model yang dipilih. 5-series adalah BMW pertama yang menawarkan kontrol peredam elektronik dan pengenalan kontrol stabilitas otomatis + traksi (ASC + T atau ESP).