Generasi keempat dari BMW 5-Series diperkenalkan pada tahun 1995. Itu dirancang dari awal, dengan konsep yang sama sekali baru dalam pikiran. Dan hasilnya sepadan. Setelah tiga generasi dengan lampu depan twin-round, E39 melanggar aturan dan datang di pasaran dengan kaca bening di atas lampu depan. Desainer mobil itu adalah Joji Nagashima dan direktur BMW desain adalah Christopher Bangle. E39 harus membuktikan itu bisa sesukses pendahulunya, 5-Series E34 ketiga. Tidak seperti pendahulunya, E39 menampilkan garis-garis halus dan melengkung. Itu adalah awal dari era biodesign dan semua mobil mulai kehilangan bentuk sudut mereka. Permukaan yang mengalir dan garis-garis naik dari 5-seri E39 adalah revolusi bagi para pendahulunya dan menjelang saingan utamanya di pasar. Di dalam mobil, ada ruang untuk lima orang dewasa, bahkan jika kursi belakang tengah terhalang oleh terowongan transmisi besar. Cluster instrumen menampilkan tata letak BMW standar dengan dua panggilan besar, dua panggilan kecil, dan pengukur untuk konsumsi bahan bakar instan. AC dan sistem audio ditawarkan untuk seluruh kisaran, tetapi hanya tingkat trim atas yang dapat dilengkapi dengan sistem audio kelas atas. Di bawah kap, BMW 5-Series ditawarkan dengan mesin dimulai dengan 4 silinder dan naik ke unit V8. Itu dilengkapi dengan unit diesel turbocharged 4 silinder juga. Tergantung pada mesin, itu ditawarkan dengan transmisi manual 5- atau 6-kecepatan atau dengan otomatis 4 atau 5-kecepatan. Itu tidak ditawarkan dengan all-wheel-drive.