Meskipun bukan karya desain, seri E60 BMW 5 adalah 5 seri pertama yang memiliki idrive, yang terakhir memiliki versi M5 yang disedot secara alami dan generasi dengan mesin terbesar dalam sejarah 5 seri. Pada tahun 2003, tema desain flame-surfacing yang dibuat oleh Chris Bangle adalah tema utama untuk lineup BMW. Setelah seri 7, 5-seri disentuh olehnya, dan hasilnya adalah E60. Lampu Gaya Naga, kabin besar, dan profil tinggi adalah beberapa fitur dari E60 BMW 5-Series. Permukaan melengkung dicampur untuk menginspirasi gerakan dan patung fluida. Tetapi desain keseluruhan bukan kejutan yang menyenangkan bagi para penggemar BMW di seluruh dunia. Desain kontroversial dilanjutkan di dalam kabin, dengan konsol tengah yang tidak dimiringkan ke arah pengemudi. Di konsol tengah, tombol rotary dari sistem idrive berada di tempat dan mengubah cara komputer on-board mencari BMW apa pun. Tampilan standar, 6,5 "dipasang. Juga, standar-fit adalah konektivitas Bluetooth. Untuk kinerja dan keseimbangan mobil yang lebih baik, sisi depan menampilkan bagian aluminium. Hasil akhirnya adalah distribusi berat 50:50 yang diklaim. 5- Seri dimulai dengan berbagai mesin, bensin, dan diesel, dengan perpindahan mulai dari 2,0 liter hingga unit 4,5 liter. Kemudian, pada tahun 2005, V8 4,8 liter dan M5 Might dengan 5,0 liter V10 ditambahkan. Sementara sebagian besar dari 5-seri ditawarkan dengan penggerak roda belakang, beberapa versi ditawarkan dengan sistem drive all-wheel xDrive.