Itu adalah coupe pertama yang dibangun oleh BMW setelah WWII dan itu adalah bencana dalam istilah keuangan. Itu dibangun sebelum Roadster 507, yang merupakan kerugian finansial lain untuk pembuat mobil Jerman yang berjuang. Perang berakhir dan ekonomi mulai bangkit kembali. The American Car-Dealer Max Hoffman meminta BMW untuk membangun mobil untuk bersaing dengan Mercedes-Benz 300 SL Coupe dan Convertible. 503 diperkenalkan pada tahun 1955 Geneva Motor Show dan itu dibangun sebagai drive kiri saja. Dengan desain yang ditandatangani oleh Count Albrecht Goertz, desainer Datsun 240Z, mobil itu dijual bersama kendaraan sedan 501 dan 502. Dengan 503, BMW mengucapkan selamat tinggal teguh pada bentuk-bentuk pra-perang, dengan kompartemen mesin yang tinggi dan sempit dan fender melengkung. Bodywork flush, dengan pintu dan fender yang selaras, adalah gaya modern. Hood panjang dan kabin pendek menampilkan empat jendela yang bisa diturunkan. Itu lebih dari cabriolet palsu daripada hanya coupe biasa. Grile ginjal yang sempit dan tinggi terinspirasi oleh BMW Coupe terakhir, dibangun sebelum WWII. Di dalam, 503 menampilkan interior mewah untuk era, dengan tempat duduk untuk empat orang. Itu ditawarkan dengan dua roda kemudi berbeda, satu dengan empat jari-jari yang tampak seperti X dan satu lagi dengan dua jari-jari yang membangkitkan sayap pesawat terbang. Tiga tombol di dasbor ditutupi oleh bibir kecil di atasnya. Itu adalah awal dari cluster instrumen. Radio dipasang di tengah. Mesin V8 3.2 liter menawarkan 140 hp. Berbeda dengan 300 SL, yang menampilkan sistem bahan bakar injeksi langsung, tim BMW Engineering memilih sistem karburator klasik. Daya pergi ke roda belakang melalui gearbox manual 4-speed.