Generasi ketiga M3 dibangun dalam pilihan dua gaya tubuh: coupe dan convertible. Meskipun convertible lebih berat, pertunjukannya bukan lelucon. Generasi pertama BMW M3 adalah mobil serba guna yang dibangun untuk jalan-jalan untuk menerima persetujuan FIA untuk balap. Keberhasilan komersialnya begitu besar sehingga pembuat mobil memutuskan untuk membangun versi M3 untuk kendaraan seri 3 berikut. 2001 m3 (E46) adalah generasi ketiga. Sementara E30 M3 dibangun dalam sedikit lebih dari 17.000 unit, E46 M3 Convertible saja dijual di hampir 30.000 unit. Tampilan agresif mobil itu disebabkan oleh lampu parkir bulat, bernama "Malaikat Mata" meskipun mereka melihat dari tim lawan. Bumper besar dengan celemek dan gril lebar yang lebih rendah diperlukan untuk menyembunyikan radiator besar dan berbagai pendingin. Dua sendok di kap mesin memungkinkan bagian udara panas untuk melarikan diri dari teluk mesin. Di sisi-sisinya, sepasang ventilasi di depan fender menyerupai, dengan cara modern, yang ditemukan pada BMW 507 yang mulia. Mobil ini menampilkan pilar A tebal untuk memperkuat bodywork. Dari sana di sana tidak ada tulangan yang terlihat di atas tubuh. Di dalam, M3 convertible menawarkan ruang untuk empat penghuni. Kursi bucket depan dipasang sebagai standar. Di belakang, tidak ada terlalu banyak ruang untuk perjalanan panjang. Soft-top benar-benar ditarik di belakang bangku belakang. Dasbor dan konsol tengah sama dengan versi coupe. Di bawah tenda, M3 Cabriolet dilengkapi dengan mesin S54 3,2 liter yang sama dikawinkan dengan manual 6-speed standar. Sebagai pilihan, ada gearbox otomatis 6-kecepatan bernama SMGII, dengan sistem kopling tunggal.