Ketika diluncurkan pada 2005 di Chicago Auto Show, Buick Lucerne adalah sedan baru yang diberi nama setelah kota Swiss yang elegan. Dibangun di atas platform yang sama dengan DTS Cadillac, Buick Lucerne dibuat oleh GM di pabrik Detroit. Keduanya berkuda dengan jarak sumbu roda yang sama dan berbagi beberapa fitur. Yang paling menonjol adalah kontrol pengendaraan magnetik, suatu sistem yang secara otomatis bereaksi terhadap kondisi jalan dan mengubah ketegasan redaman kejutan. Secara estetika, Buick Lucerne tidak memiliki desain paling mencolok. Fascia depan menampilkan lampu depan besar di sisi grille air terjun ikonik - oval horizontal dengan banyak tulang rusuk yang tipis dan vertikal, serta staple Buick - ventiport fender depan-fender. " Lucerne mendapat empat lubang untuk mesin V-8 dan tiga untuk model V-6. Di dalam, Buick Lucerne menampilkan tata letak yang bersih dan sederhana, dengan perhatian besar pada detailnya: pola vinil gandum cocok dengan trim plastik yang digunakan pada dasbor dan panel pintu. Namun, kualitas material tampaknya tidak konsisten, dengan beberapa bahan bermutu rendah berbeda dengan pelapis kulit lembut dan trim kayu. Di sisi baiknya, kenyamanan dan kepraktisan adalah poin paling vital Lucerne. Sementara versi standar yang ditawarkan tempat duduk untuk lima juga dapat dipesan dengan tata letak tempat duduk depan yang berbeda, bangku split 40/20/40 untuk memungkinkan satu penumpang lagi. Namun demikian, semua penumpang menikmati bantalan dan ruang kaki yang berlimpah. Keamanan sangat dipertimbangkan, dengan peralatan standar yang terdiri dari rem cakram roda empat antilock, kontrol traksi, airbag dampak samping depan, airbag tirai samping yang melindungi kepala. Kontrol stabilitas dan brakeasist hanya tersedia dengan model V8.