Caterham adalah satu-satunya produsen mobil yang membeli hak untuk membangun Lotus tujuh dan meningkatkannya selama bertahun-tahun. Itu adalah senjata utama / mainan / track-day. Collin Chapman merancang Lotus Seven di tahun 50-an, dan itu adalah quitsessence dari mobil balap jalan-hukum. Banyak mobil berpura-pura menjadi mobil balap dengan pelat nomor, tetapi tidak ada yang bisa menjadi ketujuh itu. Insinyur Inggris memiliki satu tujuan: untuk memasang mesin ke dalam mobil yang seringan mungkin. Graham NeBerm, mantan dealer Lotus, membeli hak-hak Lotus dan membangun tujuh setelah pembuat mobil menjatuhkan roadster dari lineup. Konstruksi itu sederhana: satu set panel aluminium yang melekat pada sasis baja tubular. Struts suspensi yang terbuka dan fender terpisah adalah tipikal untuk kendaraan caterham, sedangkan lampu depannya melekat pada bodywork melalui dudukan krom. Seperti model asli, Roadster kecil menampilkan kaca depan lurus dan kabin kecil yang cukup besar untuk memuat dua penghuni yang dipisahkan oleh terowongan pusat tinggi. Di belakang mereka, hanya ada gandar belakang dan panel vertikal. Sulit dikatakan tentang Caterham bahwa itu memiliki interior. Itu hanya tempat dengan dua kursi, panel dasbor, dan setir. Beberapa tombol dan sakelar dipasang untuk lampu, wiper, dan tombol bahaya. Kursi bucket dirancang untuk mengadakan penghuninya di tempat sementara menikung keras karena Caterham dikenal karena kemampuan menikung berkecepatan tinggi. Di bawah kap, ada mesin inline-empat yang mengirim kekuatannya ke roda belakang. Meskipun kekuatannya rendah, itu bisa meroket mobil menjadi 100 kpj (62 mph) dalam waktu kurang dari tujuh detik.