Menurut Citroen, kapak kecil mungkin dianggap sebagai kendaraan supermini pertama yang dibangun oleh pembuat mobil "Chevron double". Pada awal tahun 80-an, Citroen mulai mengembangkan kendaraan untuk mengganti lineup Axel / Visa yang menua. Kapak tiga pintu menggantikan Axel, sedangkan lima pintu mengganti visa. Dengan desain baru berdasarkan pada platform yang dimodifikasi dari pendahulunya, mobil Prancis kecil itu memulai karir 12 tahun pada tahun 1986. Itu ringan, gesit, dan sangat hemat bahan bakar. Versi diesel AX yang disedot secara alami memperoleh tempatnya di Guinness World Book of Record dengan konsumsi bahan bakar 2.7 l / 100 km (87,1 mpg-US). Meskipun terlihat boxy, kapak menampilkan koefisien hambatan yang menakjubkan hanya 0,31. Lampu depannya mencerminkan bentuk mobil, dan sinyal belokan dipasang di sudut-sudut, sehingga pembuat mobil tidak harus memasang set tambahan di samping. Versi Rallye (atau Ax Sport) khusus dilengkapi dengan roda baja putih, yang membangkitkan desain yang sama dengan untuk peugeot 205 yang sukses. Desain interior mengikuti bentuk terjepit yang sama dari luar, dengan dasbor yang terlihat seperti itu terbuat dari kayu lapis yang tertutup vinil. Terlepas dari setir, segala sesuatu yang lain di dalamnya dibuat dalam garis lurus dan sudut lurus. Untuk menghemat berat, mobil tidak memiliki bahan mematikan suara dan membuka bagian logam di sana-sini. Citroen dipasang kapak kecil 3 pintu dengan berbagai pilihan mesin berkisar antara 42 hp dan 96 hp. Versi diesel 1,4 liter terkenal dengan efisiensi bahan bakarnya dan untuk beroising berlari, tetapi dapat diandalkan dan dapat berlari lebih dari 1000 mil (1609 km) di atas tangki.