Citroen memperkenalkan kapak sebagai pengganti model visa pada tahun 1986 dan disegarkan pada tahun 1991. Setelah Peugeot membeli merek Citroen, ia mulai memangkas biaya untuk anggota keluarga barunya dan mengurangi tunjangannya. Akibatnya, mesin boxer yang digunakan pada visa hilang, dan kendaraan baru harus berlangsung. Pada tahun 1986, ia memperkenalkan kapak, yang sangat direvisi pada akhir 1991. Citroen menawarkan kapak dalam konfigurasi tiga atau lima pintu. Yang terakhir ditawarkan sebagian besar untuk keluarga muda. Jejak kecil dan desain sudutnya menjadikannya kendaraan kota yang sangat baik. Sementara secara keseluruhan berbentuk baji tetap, beberapa detail mengalami beberapa perubahan. Versi facelifted menampilkan desain lampu depan baru dengan sinyal belokan yang jelas di sudut. Di belakang, lampu belakang didesain ulang. Di dalam, perubahan paling penting dilakukan untuk dasbor. Ini menampilkan cluster instrumen baru yang lebih kecil. Pendahulunya memakai yang diperpanjang, yang diperpanjang di atas tumpukan tengah. Kursi ember depan memberikan dukungan minim atau tanpa sisi, dan hampir tidak ada ruang untuk tiga di belakang. Itu cukup baik untuk memakan waktu hingga dua anak di sekolah. Kapak menawarkan ruang bagal kecil untuk penyimpanan, tetapi pengguna dapat memperpanjangnya dengan melipat kursi belakang belakang. Di bawah kap, Citroen memasang pilihan mesin diesel dan bensin. Yang paling terkenal adalah mesin 1.4 liter yang disedot secara alami yang mengelola konsumsi bahan bakar rekor dunia hanya 2,7 liter / 100 km (87 mpg-US).