Dengan meningkatnya minat di pasar crossover, Citroen mencoba menawarkan gerobak stasiun besar di segmen, menambahkan versi khusus Crosstourer ke model gerobak stasiun C5 yang sudah dikenal. Ada jalan panjang sejak generasi pertama suspensi hidraktif Citroen pada DS yang terkenal. Ini terus berevolusi dan dipasang pada berbagai model. C5 adalah kendaraan terbesar kedua di lineup konstruktor Prancis, setelah limusin C6 dan itu adalah platform dasar untuk mengembangkan C5 Crosstourer. Mobil yang cocok di jalan kota dan di ladang juga. Versi gerobak stasiun menengah dari Citroen C5 ditingkatkan pada 2014 ke kendaraan crossover. Untuk meningkatkannya sebagai kendaraan all-road, desain luar ditingkatkan dengan perlindungan plastik baru pada lengkungan roda. Strip krom yang panjang dipasang di bagian bawah pintu, di sepanjang kusen samping. Lebih banyak chrome ditemukan di cermin samping. Sistem suspensi Hidractive III + memungkinkan peningkatan 15 mm (0,6 ") dalam pembersihan tanah. Dua panjang mate grey roof rel dipasang di atap. Untuk melengkapi tampilan eksterior, mobil dilengkapi dengan roda paduan 18 "di Mate Grey. Interiornya tidak berubah dari turer C5 normal, tetapi itu tidak tersedia dalam trim dasar lagi. C5 Crosstourer tersedia dengan hampir semua lineup mesin dari turer C5 biasa. Itu tidak kompatibel dengan mesin dasar HDI 115 HP 1,6 liter.