Pada tahun 1955, Citroen memperkenalkan mobil yang mengubah sejarah otomotif dan menempatkan sepertiga pada jajak pendapat 1999 untuk mobil abad ini: DS. Pengucapan dua huruf ini, D dan S, dalam bahasa Prancis dieja sebagai de es, menyerupai Déesse, yang berarti "dewi". Namanya bukan untuk apa-apa karena itu menjadi kendaraan paling maju secara teknologi dalam sejarah bila dibandingkan dengan mobil lain dari saat yang sama. Itu membuat semua mobil lain usang berkat aerodinamis, suspensi, dan solusi mekanis. Ini menyelamatkan nyawa Presiden Prancis Charles de Gaulle dari situasi yang mengancam jiwa dan membintangi ratusan film. Insinyur Aeronautika Andre Lefebvre merancang mobil, dan ia menggunakan semua keterampilan dan pengetahuannya dari industri udara untuk menjadikannya aerodinamis mungkin. Selain itu, semua panel tubuh, termasuk panel pintu dan atap, bisa dihapus untuk melukis. Fender kuartal belakangnya dilepas dengan kunci yang sama digunakan untuk menghilangkan mur roda untuk mengganti ban belakang. Salah satu fitur mobil terbaik adalah lampu depan putar, yang memutar lampu depan menuju arah mobil melalui sistem kabel. Citroen memasang mesin di bagian depan, di belakang poros, dengan gearbox ditempatkan di depannya. Yang menyebabkan distribusi berat yang lebih baik dan wheelbase yang lebih panjang. Karena itu, interiornya sangat lapang dengan standar apa pun. Tanpa intrusi ke interior, lantai yang sepenuhnya datar memungkinkan agar sesuai dengan tiga penumpang berukuran dewasa di belakang tanpa keluhan. Roda kemudi satu-spoke membantu pengemudi dengan lebih baik melihat cluster instrumen yang ditempatkan di depan kursi mengemudi. Di bawah kap, Citroen mengembangkan mesin unik untuk saat-saat itu, dengan ruang pembakaran hemispherical. Karena tidak memiliki perpindahan besar, itu tidak memberikan terlalu banyak kekuatan, tetapi itu cukup untuk mendorong mobil dengan cepat dengan kecepatan tinggi untuk saat-saat itu, berkat aerodinamika mobil. Transmisi manualnya ditawarkan sebagai standar, sedangkan gearbox semi-otomatis dengan pemilih kecil yang ditempatkan di atas kolom kemudi membantu driver mengubah roda gigi tanpa kopling.