Diperkenalkan pada tahun 1990, ZX menggantikan lineup GS yang lebih tua dan menerima pembaruan siklus tengah tengah pada tahun 1994, yang membawa mesin yang lebih kuat dan gaya yang segar. Pembuat mobil Prancis membangun GSA pada tahun 1970, dan modelnya sangat sukses sehingga orang tuanya tidak ingin menyerah. Ini menghasilkannya hingga 1986, dan akhirnya, memutuskan untuk mengeluarkannya dari jalur perakitan untuk memberi ruang bagi BX. Dengan demikian, ia meninggalkan celah di lineup antara kapak berukuran kecil dan bx ukuran menengah. Di sana, itu pas ZX pada tahun 1990. Pada tahun 1994, semakin banyak Hatchback ZX yang lebih konvensional telah menunjukkan usia, dan Citroen tidak ingin pergi ke pasar segar dengan fasia depan lama. Itu mengubahnya dan memperkenalkan lampu depan yang lebih besar dan garis-garis yang lebih halus. Grille-nya sempit dan memakai lencana perusahaan pada blat horizontal. Tergantung pada level trim, ini menampilkan lampu kabut. Mobil itu menunjukkan tiga sisi jendela dalam versi lima pintu, dengan garis yang sangat menyamar untuk baris terakhir. Di dalam, ia menawarkan ruang interior yang baik untuk ukurannya, sedangkan panel instrumen menunjukkan lebih banyak pengukur daripada sebagian besar pesaingnya. Dasbor olahraga melengkung dan, tergantung pada opsi, pemain stereo-kaset baru di tumpukan tengah. Di belakang, ZX lima pintu menawarkan ruang yang cukup untuk dua orang dewasa, tetapi jika tiga duduk di sana, mereka harus menjadi teman yang sangat dekat. Di bawah kap, Citroen menawarkan empat mesin untuk ZX lima pintu, termasuk turbo-diesel. Untuk pasar tertentu, pembuat mobil menawarkan mesin 2.0 liter dan transmisi otomatis empat kecepatan.