Merek Dacia lahir setelah kontrak antara pemerintah Komunis Rumania dan Renault milik negara pada pertengahan '60-an, yang mengarah pada produksi model 12 Renault. Di akhir 70-an, departemen R & D ditugaskan untuk meningkatkan model Renault 12 yang sudah ada, bernama Dacia 1300. Modifikasi dilakukan pada versi sedan dan stasiun-wagon dan mengarah pada desain eksterior yang dimodifikasi dan beberapa modifikasi drivetrain. Perbedaan yang paling mencolok ada di fascia depan. Alih-alih lampu depan yang lebih tua dan berbentuk oval, model 1310 menampilkan empat lampu depan. Alih-alih gril yang lebih tua, chrome dengan bilah horizontal, plastik hitam dipasang. Pegangan pintu diganti dengan yang plastik hitam bukannya logam yang ditroses sebelumnya. Roda baja 13 "menampilkan opsi untuk tutup krom. Di dalam, mobil menerima tata letak baru untuk cluster instrumen, dengan lebih banyak tombol untuk tekanan oli, tachometer, dan status pengisian baterai. Roda kemudi didesain ulang dan ditutupi. Dengan busa plastik hitam alih-alih roda kemudi dua-berbicara, keras, dan ramping dari model sebelumnya. Di bawah kap, Dacia 1310 menampilkan mesin bensin 1,3 liter yang sama dengan pendahulunya, tetapi dengan karburator barel tunggal yang berbeda . Radiator juga dimodifikasi, dengan lebih banyak bagian plastik yang lebih murah untuk diproduksi.