Mobil sport-kompak di M.S. terutama didominasi oleh mobil impor dari Jepang dan Jerman. Tetapi Dodge memberi mereka jawaban yang tepat dengan Neon SRT4. Pada tahun 2000, ada tren kendaraan yang cepat dan murah. Faktor MPH / Dolar itu penting dan Dodge Neon SRT4 adalah jawaban yang bagus. Mereka murah untuk membeli dan mudah dimodifikasi. Bentuk sedan tiga kotak mobil bisa disalahartikan dengan sedan keluarga. Sementara neon normal adalah jenis mobil itu, SRT4 berbeda. Fascia depannya mengatakan itu. Bumper besar dengan Dodge Viper-Like Four slot dan dua lampu kabut bundar berbeda dari sisa saudara-saudaranya. Asupan udara di kap juga memperingatkan para pengamat bahwa itu bukan mobil kelontong biasa. Sayap besar dan besar di bagasi hanya memiliki faktor styling dan itu adalah salah satu yang pertama digantikan oleh pemilik. Di dalam, Dodge ingin menawarkan mobil dengan harga serendah mungkin sudah jelas. Bahan-bahan murah bisa saja dilihat di semua tempat. Bahkan ada pengukur boost yang dipasang di pabrik yang tampak seperti terjebak setelah mobil meninggalkan pabrik. Tetapi Dodge melakukan itu untuk menawarkan mobil kompak olahraga di bawah USD 20.000, yang jauh lebih murah dan kurang kuat daripada Subaru Impreza WRX atau Mitsubishi Lancer Evo. Mobil hanya menampilkan Windows Depan Windows. Di bawah kap, Dodge Neon SRT4 menampilkan mesin turbocharged 2,4 liter dikawinkan dengan transmisi 5-kecepatan standar. Pada tahun produksi pertama, itu ditawarkan dengan 215 hp dan diferensial terbuka. Dimulai dengan 2004, mesin dipompa-hingga 230 HP dan transmisi menerima diferensial selip terbatas.