Ferrari 212 dibangun antara akhir 1950 dan 1953. Itu dibangun di atas dua arah utama: Inter dan ekspor. Sementara Inter adalah versi jalan, sebagian besar ekspor adalah model balap. Setelah Enzo Ferrari meninggalkan Pabrik Alfa Romeo dan memulai perusahaannya sendiri, ia memutuskan untuk membangun mobil secara berbeda. 212 didasarkan pada model sebelumnya, 166. Inter adalah yang paling sukses dari mobil produksi awal yang dibangun oleh Ferrari. Ini memiliki berbagai gaya tubuh, sebagai versi Berlinetta, Cabriolet, dan Coupe. 212 memulai kerjasama dengan Pininfarina Design Studio dan menciptakan hubungan jangka panjang antara dua perusahaan Italia. Semuanya dimulai dengan chassis dan beberapa isyarat desain yang harus dihormati. Tetapi pelatih memiliki kebebasan yang cukup untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Perusahaan seperti Ghia, Ghia Aigle, Pininfarina, Stabilenti Farina, Touring, Vignale atau British Company Abbott membangun beberapa kendaraan. Tidak semua kendaraan ekspor digunakan untuk balap. Beberapa digunakan sebagai kendaraan jalan, membuktikan sifat dual-tujuan kendaraan Ferrari. The 212 Inter menampilkan mesin V12 berdasarkan desain kolombo asli, tetapi dengan bore dan stroke yang berbeda dan perpindahan 2,6 liter dan karburator unit twin-choke, tetapi pengaturan tiga karburator tersedia sebagai opsi.