Setelah Enzo Ferrari meninggalkan Alfa Romeo karena ketidaksepakatan dengan head-engineer Spanyol dan memulai perusahaannya sendiri, dia tahu dia harus membangun kendaraan untuk pasar. Tapi dia tidak membangun mobil biasa saja. Dia membangun mobil-mobil yang indah dan salah satu yang pertama adalah 1951 Ferrari 212. Dia mulai dengan konsep yang lebih tua: Ferrari melakukan platform dasar dan membangun bodywork dengan kontraktor yang berbeda: Vignale, Carozzeria Touring, Ghia, Ghia-Aigle dan, yang paling penting , dengan pininfarina. Ke-212 mewakili awalnya persahabatan yang indah antara kedua perusahaan, yang bertahan bahkan hari ini. Ferrari dibangun hanya 82 dari 212 dan beberapa di antaranya istimewa. Seseorang diberikan sebagai hadiah untuk Henry Ford II dan itu benar-benar istimewa. Ini memiliki wheelbase yang lebih panjang, mesin balap 2,7 liter bukannya unit 2,6 liter biasa, dan bodywork adalah sebuah barchetta. Itu terbuka-atas, tidak ada atap dan tidak ada gagang pintu. Satu-putus 212 ini ditata oleh Carozzeria Touring sebagai versi cahaya, bernama "Superleggera". Versi konversi dibangun oleh Pininfarina dan versi coupe lainnya dibangun oleh Vignale dan Ghia. Itu tersedia sebagai coupe dua pintu atau fastback dua pintu dan dengan drive kiri atau kanan, tergantung pada negara tempat ia dipesan. Untuk memudahkan proses, dasbor adalah lembaran logam datar dengan dua lubang besar di tengah di mana speedometer dan penghitung ulang dipasang.