Dilaporkan di 1953 Paris Motor Show, Ferrari 250 Europa adalah mobil yang dirancang untuk aturan dan preferensi Eropa baru. Ini menggunakan 3.0 liter V12 berdasarkan desain untuk mesin Formula Satu 3,3 L. Mobil-mobil pertama yang diproduksi bertubuh oleh Vignale sepanjang garis 340 Meksiko. Produksi dipindahkan ke Pininfarina, yang membangun versi Cabriolet 2 kursi. Ada isyarat styling yang jelas dengan Ferrari 375 Amerika, yang dengannya ia berbagi sasis yang sama. Mobil-mobil diproduksi dengan nomor sasis aneh untuk kendaraan jalan-jalan, sedangkan versi balap menampilkan angka genap. Biasanya, versi balap menampilkan badan aluminium tetapi beberapa pemilik pribadi memerintahkan bodyworks yang lebih ringan untuk model jalan. Tudung panjang dan kabin pendek adalah tanda untuk sporty dan gaya coupe dua pintu elegan. Itu dibangun sebagai kendaraan 2 + 2, tetapi sebagian besar waktu kursi belakang sebagian besar digunakan sebagai rak empuk untuk bagasi. Meskipun itu dianggap sebagai mobil cepat untuk era itu, itu lebih merupakan kendaraan GT daripada mobil sport. Pada tahun 1954, 250 Europa berganti nama 250 Europa GT, dan kemudian dikenal sebagai 250 GT. Suspensi independen di depan, dengan wishbones ganda dan pegas daun melintang. Kemudian diganti dengan pegas koil individu. Gandar belakang yang kaku dengan pegas daun dan peredam hidrolik. Rem drum yang dioperasikan secara hidraulik berada di keempat sudut. Transmisi adalah manual 4-speed.