Pada tahun 2004, Ferrari meluncurkan model dasarnya, F430. Tetapi model dasar tidak berarti lambat sama sekali. Bahkan, itu lebih cepat daripada F40 yang perkasa dan merokok A Gallardo V10. Ada hari-hari yang mulia dari Ferrari di Formula 1 dengan salah satu pengemudi terbesar sepanjang masa, Michael Schumacher. Pada masa itu, Ferrari berani menerjemahkan ke dalam mobil jalan-jalan teknologi dari Formula 1. dan itu tidak lepas dari beberapa bagian yang tidak penting. Itu termasuk e-diferensial dan kopling tunggal, gearbox otomatis. Tampilan mobil dikembangkan oleh Pininfarina. Airvents besar di bumper depan ada di sana karena suatu alasan: untuk mendinginkan rem dan mesin. Mesinnya ada di belakang pengemudi dan di depan roda belakang. Batang itu ada di depan tetapi hampir tidak bisa menahan apa pun selain tas olahraga. Ferrari mengatakan bahwa F430 berbagi beberapa bagian dengan bekas 360. Mungkin mereka menghitung bola lampu juga, karena mobil itu berabad-abad dari 360 dalam hal kinerja dan gaya. Di dalam mobil, pemandangan yang paling mencolok adalah setir. Sementara beberapa mobil memiliki volume atau tombol telepon di atasnya, F430 memiliki tombol Mulai Mesin Merah di sebelah kiri dan "manettino" di sebelah kanan. Itu juga merupakan fitur dari mobil balap F1. Itu adalah pemilih putar yang memanjakan kontrol traksi, kontrol stabilitas, dan ketegasan regulator sengatan elektronik skyhook menjadi satu panggilan lima posisi. Gearbox standar adalah manual 6-speed, dan unit gaya F1 adalah pilihan. Gearbox itu dapat bergeser dalam 0,15 detik.