1200 diluncurkan pada tahun 1957 Turin Motor Show bersama dengan saudara-saudaranya, Coupe, dan Spider. Itu adalah langkah maju yang penting bagi pembuat mobil Italia, langkah menuju era modern. 1200 didasarkan pada pendahulunya, Fiat 1100, yang didasarkan pada mobil pra-perang, Fiat Balilla TV (Turismo Veloce). 1200 adalah langkah maju yang pemalu, pendekatan yang berhati-hati untuk pasar yang masih menderita setelah WWII. Dengan meninggalkan garis lengkung dari 1100, yang merupakan mimpi buruk bagi toko tubuh dan rasa sakit untuk perbaikan, 1200 mengadopsi bentuk-bentuk baru dengan biaya produksi yang lebih rendah. Semakin tinggi sabuk dan rumah kaca yang lebih besar menyembunyikan sasis ballon yang lebih tua di bawah mobil. Windscreen yang lebih luas dan jendela yang lebih tinggi meningkatkan luminositas interior dan yang mengarah pada nama panggilan mobil, "Granluce" (cahaya besar). Lampu bulat dan batang yang lebih besar adalah nilai tambah untuk saat itu. Di dalam, Fiat 1200 menampilkan tempat duduk untuk empat. Karena sistem bingkai tubuhnya, driveshaft berlari di bawah mobil sehingga ada lantai belakang yang hampir rata. Perpindahan gigi ditempatkan di belakang setir, artinya ada bagian gratis dari kiri ke kanan di depan. Tidak ada konsol tengah atau tumpukan tengah. Panel instrumen sederhana, dengan putaran dial. Di bawah kap, ada mesin bensin 1,2 liter yang baru dikembangkan yang menghasilkan 55 hp. Transmisi manual empat kecepatan adalah satu-satunya pilihan. Mobil itu adalah penggerak roda belakang, seperti sebagian besar mobil dari era itu.