Sejak generasi pertama dari 500, Fiat menawarkan versi Cabriolet atas untuk mobil kecil kota, dan dengan murah hati menawarkannya dengan lap-top bahkan pada versi sporty. Fiat dan abarth dihubungkan bersama seperti M dari BMW dan AMG dari Mercedes-Benz. Tidak mengherankan bahwa spesialis Italia menyetel seri 500 menjadi roket saku yang dapat berkeliaran dengan jalan-jalan dengan 160 HP turbocharged. Abarth bekerja untuk pembuat mobil Italia dan menyetel mesin 1.4 liter untuk menghasilkan lebih banyak daya, tetapi tidak lupa menggembirakan eksterior mobil. Berbeda dengan sisa kisaran Fiat 500, ini menampilkan celemek yang lebih rendah di depan dengan jala-grille besar dan dua lampu kabut. Di sisi luar, tuner menyiapkan dua ventilasi untuk rem cakram. Modifikasi berjalan dan menyiapkan satu set ambang sisi aerodinamis. Untuk melengkapi gambar sporty, Abarth memasang spoiler atap antara C-Pillars. Seperti halnya 500 Top-Cabriolet, Abarth Essesse 500C menampilkan atap kain ditarik-daya yang dilipat di belakang kursi belakang, bersama dengan spoiler itu. Di dalam, Abarth mengubah dashboard dan memasang gauge boost di sebelah cluster instrumen. Panel metalik Merah menyerupai bentuk Fiat 500 asli dari 50-an. Alih-alih gear-lever, pembuat mobil memasang empat tombol pada stack tengah untuk mengontrol gearbox. Jika pengemudi diinginkan untuk mengubahnya secara manual, ia dapat menggunakan shifter dayung setir. Di bawah tenda, Fiat menjatuhkan mesin turbocharged 1,4 liter yang menghasilkan, dengan bantuan abarth, 160 hp, yang dikirim ke roda depan melalui transmisi otomatis lima kecepatan.