Namun, sejarah Fiat dimulai pada tahun 1899, bagaimanapun, produksi mobil berhenti sama sekali dengan awal Perang Dunia I. 501 adalah model baru yang sepenuhnya baru yang diproduksi setelah konflik global berakhir. Torpedo berfungsi sebagai model dasar untuk fiat dan lineup selanjutnya yang terdiri dari Fiat 502, 507, 509 dan 520. Pada saat itu, tepatnya yang dibutuhkan orang: mobil keluarga kecil yang terjangkau dan hemat bahan bakar. Pada tahun 1919, semua negara Eropa mengalami periode yang sulit dan industri menghadapi kesulitan besar dalam menyediakan tingkat produksi yang stabil, kompatibel dengan potensi mereka. Dalam konteks ini, Ford berusaha menyerang pasar Eropa dan Fiat adalah yang pertama bereaksi dengan model 501. Selanjutnya datang Citroen dengan 10 HP Type A. Fiat 501 memiliki pemindahan 1460 cc menghasilkan 24 hp. Model yang sukses, kuat dan efisien tersedia dalam sejumlah besar versi. Pada tahun 1921, Fiat memperkenalkan dua model baru, 501 s (olahraga) dan 501 SS (Spider Sport) - dengan kapasitas kubik yang sama, masing-masing mengembangkan 27 HP, dan 30 HP. Semua versi memiliki transmisi manual 4-percepatan. Sekitar 70.000 unit diproduksi dan untuk waktu itu mewakili volume besar. Pada tahun 1923 Fiat menghasilkan versi baru 501, menamai 501C untuk pasukan Raja Italia.