Fiat mencoba menaklukkan bagian yang lebih besar dari pasar dengan model 509 yang ekonomis, yang ditawarkan pembuat mobil itu dengan asuransi satu tahun. Terlepas dari versi standar, ia menawarkan model sportier: 509 S. Pada tahun 1922, Partai Fasis Benito Mussolini berkuasa di Italia. Ada aturan baru, dan pemerintah baru mendorong para pembuat mobil untuk membangun kendaraan untuk massa, mudah dibeli dan dijalankan. Fiat, sebagai produsen utama, menghasilkan model 509 dengan perpindahan mesin satu liter. Itu bisa membawa empat penumpang di dalam kabin. Pada saat yang sama, ia menawarkan dua versi sporty: S dan SM. Yang pertama adalah convertible dua kursi, sedangkan yang terakhir sebagian besar merupakan mobil balap. 509 S menampilkan desain tinggi yang sama dengan pegas daun yang dipasang di bawah ladder-sasis. Kompartemen mesin yang tampak boxy dengan permukaan datar dan tudung berbentuk V mirip dengan yang ada di empat kursi, versi tertutup dari 509. Lampu dipasang pada bar yang dipasang di antara lengkungan roda. Kaca depan yang rata dan vertikal dengan wiper yang dipasang di atas melindung penumpang. Atap bisa dilipat di belakang kursi di depan bagasi. Tidak seperti mobil lain di pasaran, Fiat memasang roda cadangan di belakang mobil, di atas bumper belakang. Karena itu adalah mobil sporty daripada sedan, 509 S menampilkan mesin 27 HP dipasangkan ke gearbox manual 4-speed. Power pergi ke roda belakang melalui driveshaft.