Fiat memutuskan untuk pensiun Tempra Wagon dan memperkenalkan akhir pekan Marea pada tahun 1996 sebagai stasiun ukuran menengah perusahaan di pasar. Fiat dibangun Marea pada platform C1 baru yang dibagikan dengan saudara kecilnya, Bravo dan Brava. Orang Italia memiliki ide untuk menggunakan dasar yang sama untuk memangkas biaya produksi dan menawarkan mobil yang tepat dengan harga lebih rendah daripada para pesaingnya. Hasilnya adalah kendaraan keluarga yang baik, tetapi sayangnya, penjualannya turun dan mencegah roda dari pindah ke generasi kedua. Dengan sisi depan yang menyerupai lineup Bravo / Brava, Marea menunjukkan gaya desain segar dengan lampu depan depan dan ramping. Sudut bundar dan permukaan melengkung dirancang di pusat desain Fiat. Versi station wagon menampilkan ujung belakang terpisah. Tailgate naik, dan sisi bawah turun dan membantu mendapatkan area pemuatan datar. Karena lampu belakangnya dipasang tinggi pada d-pilar, mereka dilindungi oleh kecelakaan kecil di tempat parkir, elemen dihargai, terutama di kota-kota yang ramai. Di dalam, akhir pekan Marea menampilkan berbagai kompartemen penyimpanan di sandaran tangan tengah, panel pintu, dan sandaran tangan belakang. Seatback split-folding untuk bangku memperluas kompartemen bagasi dan cukup lama untuk digunakan sebagai area tidur. Garis-garis melengkung pada dasbor menyerupai yang ada di Bravo / Brava, tetapi dengan beberapa perbedaan. Fiat memasang pilihan bensin dan mesin diesel di Marea. Yang terakhir sangat hemat bahan bakar dan memiliki kontribusi mereka menopang angka penjualan. Tetapi setelah enam tahun di pasar, Marea sudah pensiun.