Kembali pada akhir 70-an, CEO Fiat, Carlo de Benedetti, meminta Giorgetto Giugiaro dari Italdesign yang baru didirikan untuk merancang mobil kecil untuk menggantikan Fiat 126. Sementara Giurgetto bekerja pada desain panda kecil, Aldo Mantovani fokus pada mekanis. Persyaratannya jelas: biaya pembuatan harus rendah, sementara mobil harus luas dan praktis, sama seperti saingan Renault 4. Selama proses perancangan, Giugiaro menyusun kursi model baru yang terinspirasi dari kursi lounge lipat, karena mereka tidak murah untuk diproduksi, sederhana dan mudah dirawat. Batang itu perlu cukup besar untuk menampung dua carboys 50 liter. Proyek ini didasarkan pada konstruksi monocoque dengan lantai yang hampir datar, untuk memastikan kabin yang lapang. Sebelum versi final, Italdesign mempresentasikan tidak kurang dari dua model skala penuh dan 4 desain sisi yang berbeda. Prototipe pra-produksi dipasarkan uji pada peristiwa yang tidak dipublikasikan di mana para peserta terkesan dengan desain dan kepraktisan mobil. Generasi pertama dari Fiat Panda diluncurkan ke pers pada tahun 1979 dan diluncurkan kepada publik pada tahun 1980. Panda baru-baru ini adalah keberangkatan dari model Fiat, menampilkan sistem penggerak roda depan, bukan satu drive roda belakang . Panda memiliki desain utilitarian boxy, dengan grille font asimetris yang dipasang secara berbeda tergantung pada mesin, karena dua model yang berbeda tersedia: Panda 30 ditenagai oleh mesin 652 cc dan panda 45 dengan perpindahan mesin 903 cc. Di dalam, selain desain yang belum sempurna, kabin dilengkapi dengan interior yang sangat fleksibel. Kursi belakang dapat disesuaikan dalam 7 cara berbeda dan dapat dilipat rata ke tempat tidur sementara. Cermin interiornya sederhana, tanpa penyesuaian siang dan malam. Cluster instrumen menampilkan ventilasi pemanasan, namun, panda kecil tidak dilengkapi dengan outlet dasbor untuk udara segar. Sebaliknya, jendela samping memiliki jendela ventilasi dan jendela belakang pop-out opsional.