Setelah 22 tahun di pasar dan 4,5 juta unit terjual, generasi pertama panda ditarik keluar dari jalur produksi dan membuat ruang untuk penerusnya, panda 2003. Generasi panda pertama tidak lebih dari sekadar kotak di atas roda. Itu murah untuk membeli, mudah dijalankan, dan dapat diandalkan. Tetapi pada tahun 2003, itu terlalu tua dan ketinggalan jaman. Fiat bekerja bersama dengan Ford dan mengembangkan platform baru, yang digunakan untuk 500, generasi kedua KA, dan panda. Terlihat tinggi tetapi masih dengan panel samping datar, generasi kedua panda menampilkan lampu depan kuadrat dan gril yang sempit dan dua slat di antara mereka. Tergantung pada opsi trim, Fiat memasang sepasang lampu kabut di sisi bumper dan grille lebar di antara mereka. Dari sisi-sisinya, para desainer membuat garis jendela yang tidak biasa, dengan area miring di pintu belakang dan kaca ketiga yang lebih kecil, antara pilar C dan D. Penurunan vertikal di belakang untuk tailgate adalah ukuran fungsi formulir. Di dalam, Fiat memasang kursi yang dipasang tinggi dengan desain dashboard bulat. Pembuat mobil memasang tongkat roda gigi pada tumpukan tengah, sedangkan panel instrumen tampak sangat mirip dengan yang ada di Fiat Punto, tetapi dengan cluster yang berbeda di atasnya. Carmaker menjanjikan dan mengirimkan ruang untuk empat orang dewasa. Bangku belakang terlalu sempit untuk tiga orang dewasa tetapi memadai untuk tiga anak. Di bawah kap, Fiat menawarkan pilihan empat mesin yang dipasangkan secara eksklusif dengan manual lima kecepatan.