Seri pertama Fiat Panda merevolusi industri Italia dan menjadi salah satu legenda Italia. Sejarah Panda 4x4 dimulai pada tahun 1983 ketika perusahaan Austria Steyr-Puch mengembangkan penggerak empat roda khusus untuk mobil mini. Model yang dirilis pada Juni 1983, dilengkapi dengan mesin 965 CMC yang mengembangkan 48 hp. Estetika panda benar-benar disegarkan pada tahun 1985. Pada tahun 1986, Panda 4x4 tidak hanya mendapatkan revisi visual, tetapi mekanis juga. Mesin diganti dengan yang sedikit lebih besar, 769 cc dengan 34 hp bukannya 1985 652 cc, dan 999cc dengan 50 hp bukannya 965 cc dengan 48 hp. Pada bulan April 1986, Panda mendapat mesin 1301 cc baru yang mengembangkan 37 HP yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 kecepatan. Tubuh mobil diperkuat dan juga, karena kecenderungan mereka untuk berkarat, Fiat memutuskan untuk sepenuhnya menggembleng model. Varian van juga diperkenalkan pada tahun 1986, perubahan termasuk menghapus kursi belakang dan mengganti jendela belakang dengan panel blanking plastik. Untuk menjaga bentuk asli mobil, artinya meminimalkan biaya, bagian belakang van memiliki ekstensi baja hitam dengan pintu-pintu sisi berengsel. Panda 4x4 dirancang untuk orang-orang yang hidup atau perlu pergi ke daerah pedesaan di Italia yang tidak mudah diakses. Mobil segmen kecil dapat dinamai crossover Italia pertama dengan sistem mengemudi 4x4, cukup seperti negara golf Jerman.