Pada pertengahan '80-an, segmen sedan kompak tumbuh, dan pasar mulai mengalihkan perhatiannya ke arah kendaraan seperti Audi 80, Volkswagen Jetta, Renault 18, atau Ford Escort Sedan / Orion. Fiat membuat rencana, mengambil hatchback Ritmo-nya, dan mengubahnya menjadi kendaraan tiga kotak dengan batang di belakang alih-alih tailgate miring. Akibatnya, pada tahun 1984, pembuat mobil Italia memperkenalkan regata pada saat yang sama dengan Ritmo facelifted. Sangat mudah untuk memperhatikan kesamaan desain dua saudara kandung, dimulai dengan lampu depan yang besar dan kuadrat. Bodywork berbentuk terjepit dengan beberapa sudut bulat di atas kap dan lengkungan roda khas untuk era itu. Pada tahun 1986, Fiat memperkenalkan facelift untuk Regata, yang mengungkapkan pintu-pintu baru dan panel tubuh yang dimodifikasi. Ini memakai pegangan baru, yang menggantikan yang flush dari versi non-facelifted. Di dalam, Fiat menggunakan gaya eksterior yang sama. Tidak seperti saudara hatchback-nya, ini menampilkan tata letak yang berbeda untuk cluster instrumen. Tim desain menginstal kontrol kipas pada tumpukan tengah dan menempatkan radio di dasbor. Kursi ember depannya menawarkan kenyamanan lebih dari dukungan samping karena kurangnya pengemasan. Di bawah kap, Fiat memasang pilihan tiga bensin dan satu mesin diesel. Kemudian, setelah facelift, versi injeksi bahan bakar menyediakan 101 HP dan menjadi versi regata yang paling terkenal. Terlepas dari pangkalan, mesin 1.3 liter, semua versi lainnya dipasangkan ke gearbox manual lima kecepatan. Sayangnya, gandar belakang langsung dengan mata air daun merusak kenyamanan bagi penumpang belakang.