Ford menghabiskan $ 700 juta dalam program perampingan di akhir 70-an, dan Bronco menerima mereka untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan memberikan perjalanan yang lebih nyaman. Melihat generasi Bronco ketiga dan membandingkannya dengan pendahulunya tidak akan memberi tahu Anda di mana uang itu hilang. Mereka tampak sangat mirip sehingga mungkin dianggap hanya facelift. Namun, itu adalah kendaraan yang benar-benar baru yang menggantikan kendaraan lain yang hidup hanya beberapa tahun di pasar. Tetapi Ford bangga dengan Bronco 1980, seperti itu adalah kendaraan terbaik di kelasnya. Dan itu tidak. Bronco ketiga masih merupakan kendaraan body-on-frame yang dibangun untuk situasi off-road yang kasar, tetapi pembuat mobil meningkatkan aerodinamisnya untuk menurunkan suara angin dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Tetapi area depan yang datar dengan lampu depan kuadrat dan gril yang seperti pagar tampaknya tidak terlalu aerodinamis. Kaca depannya disapu lebih dari pada pendahulunya, dan itu benar-benar perbaikan. Di dalam, pembuat mobil membuat interior lapang, tetapi terlihat bahwa desainernya membakar minyak tengah malam untuk menyelesaikan mobil tepat waktu dan mengabaikan visibilitas pengemudi. Terlepas dari roda belakang belakang opsional, ada b-pilar yang memblokir pemandangan. Namun, sekali di dalam, semua orang di atas kapal dapat menikmati pemandangan indah di atas lalu lintas. Perbaikan sebenarnya ada di suspensi depan, yang menerima sistem independen dengan Coil Springs. Di belakang, masih ada gandar yang sama yang dibawa dari FORD F-150. Bronco tersedia dengan dua opsi mesin, kasing transfer dan perlengkapan rendah, yang membantu mobil menangani dengan sangat baik dalam situasi off-road.