Ford diproduksi pada tahun 2003 SUV besar berdasarkan sasis yang sama dengan pickup Ford Ranger dan bernama Everest. Empat tahun kemudian, pembuat mobil memperkenalkan versi yang segar. Salah satu cara termurah untuk membangun SUV dengan kemampuan off-road yang benar adalah dengan mengambil pickup 4x4 dan memutar tubuh yang berbeda di atas sasis. Mitsubishi menggunakan resep yang sama untuk Pajero Sport dengan sasis dari L200, dan Ford melakukannya dengan Everest yang dibangun di atas pickup Ranger. Ini menggunakan sebagian besar bagian tubuh dari yang terakhir dan menambahkan bagian belakang yang berbeda. Di bagian depan, ini menampilkan grille yang diperbarui dari pickup Ranger dengan tiga bilah krom ramping dan bumper didesain ulang dan lampu depan. Tidak seperti kendaraan utilitasnya, Everest menampilkan atap yang lebih panjang sepanjang jalan ke belakang mobil. Roda cadangan diganti dari bawah mobil ke belakang, dengan cradle ayunan. Di dalam, Everest menampilkan dasbor serupa dengan model Ranger Facelifted, tetapi setelah kursi depan, semuanya diubah. Ada tiga baris kursi di dalam mobil, memungkinkan hingga tujuh penumpang. Baris tengah adalah 60/40 lipat split, dan ada bangku lain di belakang, di atas gandar belakang. Ford menginstal dua pilihan mesin di bawah kap, baik diesel dan dipasangkan ke gearbox manual 5-speed. Kotak transfer dengan roda gigi rendah dipasang sebagai standar pada semua model.