Terlepas dari kontroversi dan para pesaing, penjelajah adalah SUV ukuran menengah terlaris sepanjang waktu pada saat generasi kelima tiba, pada tahun 2011. Tidak seperti pendahulunya, model 2011 menampilkan konstruksi unibody alih-alih konstruksi bingkai. Itu harus di depan permainan untuk menjaga nilai-nilai penjualan tinggi. Meskipun itu menampilkan wheelbase yang lebih pendek, itu lebih panjang dan sedikit lebih lebar dari sebelumnya. Desain Fascia Front Fascia yang baru, tiga bar, berhasil dimasukkan ke Explorer baru. Dengan lampu depannya yang tinggi dan tersapu, penjelajah menunjukkan gambar yang berani, terinspirasi oleh sedan reguler seperti Taurus. Di belakang, d-pilar Black-out spesifik menyimpan tautan dengan para pendahulunya. Ada spoiler atap besar di atas bak truk dan dua knalpot di bawah bumper belakang. Di dalam, mobil menawarkan tempat duduk untuk tujuh kursi di depan dan bangku di tengah, ditambah dua kursi individu di area bagasi. Itu standar untuk semua level trim. Untuk unit infotainment, Ford menawarkan sistem sentuh MyFord dengan sinkronisasi, yang memungkinkan perintah suara. Unit Infotainment menampilkan tampilan tumpukan tengah dan dua tampilan TFT mengapit speedometer di cluster instrumen. Explorer 2011 ditawarkan dengan pilihan dua mesin. Ada turbocharged 2,0 liter dan 35 liter v6. Yang pertama ditawarkan dengan penggerak roda depan saja, sedangkan yang terakhir tersedia dengan sistem all-wheel-drive.