Pada tahun 2000, Ford memperkenalkan Trac Sport Explorer sebagai truk pickup yang berbasis di Pasar A.S. untuk mereka yang mencari kendaraan leisure. Sementara Ford F150 tetap menjadi kendaraan terlaris di dunia, Ford memperhatikan bahwa pelanggan mulai mencari kendaraan yang kurang bekerja keras untuk menarik perahu atau trailer mereka ke daerah berkemah. Kendaraan seperti Honda Ridgeline, Nissan Frontier, atau Toyota Tacoma sudah ada di pasaran dan mulai mencuri pelanggan Ford. Trac olahraga didasarkan pada platform yang sama dengan penjelajah dan berbagi sebagian besar fitur kenyamanannya. Kurang-kasar, lebih lembut di tepi, dan dengan overfenders plastik, Trac Sport Explorer adalah salah satu kendaraan yang berdiri terpisah dari lineup Ford. Berbeda dengan seri F, yang menampilkan panel seperempat yang dimulai di belakang pintu belakang dan berakhir di belakang mobil, trac olahraga memakai tempat tidur yang berbeda. Sisi depan, hingga pilar-C, menyerupai lineup explorer dengan lampu depan, pintu, dan jendela yang sama. Di dalam, Ford memasang dashboard seperti mobil dengan garis lembut dan garis melengkung di atas cluster instrumen. Dial putihnya menyerupai mobil sport, meskipun itu menampilkan lebih banyak alat pengukur daripada kendaraan jalanan biasa. Di atas tumpukan tengah, tim desain menginstal dua ventilasi udara dan di bawahnya CD-Stereo. Ford menawarkan dua kursi ember di bagian depan dan bangku lipat split di belakang. Di bawah tenda, Ford memasang powertrain yang sama dari Explorer, dengan 4.0 liter V6 sebagai versi dasar, sedangkan V8 4.6-liter ditawarkan untuk mereka yang terburu-buru atau dengan perahu yang terhubung.