Ford Fiesta generasi keenam yang diungkapkan pada tahun 2007 di Frankfurt Motor Show menampilkan filosofi desain kinetik Ford yang diperkenalkan pada tahun 2006. Dibandingkan dengan Fiesta generasi sebelumnya, desain eksterior adalah perubahan besar, mengekspresikan kelincahan dan sikap. Tampilan lincah diberikan oleh grille besar di bagian bawah bumper yang menggabungkan braket plat lisensi. Garis atap yang menyapu berakhir menjadi spoiler kecil, sementara pilar A-miring ditambahkan ke tampilan dinamis. Versi 3-pintu dan 5 pintu didasarkan pada tubuh yang sama, sehingga 5 pintu tidak menampilkan desain yang kurang sporty atau dinamis. Dibangun di atas platform B-Car Global New Ford, Fiesta baru menampilkan tata letak suspensi sederhana dengan McPherson Struts pada suspensi belakang depan dan semi-independen. Dibandingkan dengan Fiesta 3 pintu, model Fiesta 5-pintu datang dengan area kaca yang lebih besar yang menciptakan nuansa kamar di dalam kabin. Di dalam, fiesta 5-pintu menampilkan kabin lapang untuk penghuni depan, namun, penumpang belakang berjuang dengan ruang kaki dan ruang kepala yang terbatas. Interiornya cukup modern untuk tahun 2008, dan tergantung pada level trim, ini menampilkan kontrol iklim otomatis, cermin sisi daya panas dan gearbox otomatis. Mesin bensin dan turbo-diesel tersedia dan dapat dipasangkan dengan transmisi manual standar 5 kecepatan atau 6-kecepatan tergantung pada powerplant yang dipasang.